Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022, Kemenpora Rilis Doa untuk Dibacakan pada 28 Oktober

Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dirilis Kementerian Pemuda dan Olahraga 


Bacadoloe.com - Hari sumpah pemuda merupakan hari bersejarah yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober, itu menjadi momen yang harus kita ingat karena penuh dengan sejarah yang patut untuk dikenang Bangsa Indonesia.


Pada peringatan kali ini tidak lepas dari doa Hari Sumpah Pemuda 2022 yang  telah dirilis oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.


Menpora telah merilis Teks Doa Hari Sumpah Pemuda 2022 ini dapat dibacakan saat sesi pembacaan doa pada upacara Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022.


Doa Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah naskah doa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang berisikan panjatan doa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022.


Teks Doa Hari Sumpah Pemuda 2022 ini memuat tentang harapan untuk pemuda Indonesia demi kemajuan bangsa dan negara dimasa yang akan datang.


Harapan dari Menpora merilis doa Sumpah Pemuda ialah agar bangsa ini lebih baik dari yang sebelumnya, karena hal ituenjadi harapan besar semua bangsa Indonesia .


"Ya Allah ya Jabbar Dzat yang Maha Kuasa, jadikanlah Pemuda Indonesia Pemuda yang mandiri, kreatif dan inovatif demi kemajuan bangsa dan negara, serta jadikanlah mereka pemimpin-pemimpin dunia." demikian keterangan tertulis seperti dikutip dari teks doa Hari Sumpah Pemuda 2022.


Pada tahun ini adalah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Kementrian Pemuda dan Olahraga telah merilis logo, tema hingga pedoman pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 yang akan kita laksanakan.


Hal ini perlu diketahui logo dan tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah "Bersatu Bangun Bangsa". Besar harapannya masyarakat dan bangsa Indonesia memiliki visi misi yang sama dengan pemerintah agar bangsa ini lebih baik lagi.


Pedoman yang digunakan dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 termuat pula teks doa Hari Sumpah Pemuda 2022. 


Semua kalangan masyarakat dapat menggunakan teks doa Hari Sumpah Pemuda 2022 yang resmi dari Menpora untuk dibacakan saat sesi pembacaan doa pada upacara Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2022.


Teks ataupun Naskah doa Hari Sumpah Pemuda 2022 resmi Menpora termuat dalam Panduan Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022 yang dapat diunduh melalui website resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga. 


Pedoman Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022:

Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-94 Tahun 2022 secara nasional diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada tanggal 28 Oktober 2022. Acara akan digelar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


Panduan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022:


Hari, Tanggal: Jumat, 28 Oktober 2022

Pukul: 08.00 WIB (waktu setempat) sampai selesai

Tempat: Lokasi masing-masing

Penyelenggara: Kementerian, Lembaga, BUMN, Pemerintah Daerah, Perwakilan Indonesia di Luar Negeri (KBRI), Organisasi Kepemudaan, Lembaga Pendidikan, dan pemangku kepentingan kepemudaan.


Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda 2022:


1. Komandan Upacara memasuki lapangan upacara, pasukan diambil alih oleh Komandan Upacaras

2. Inspektur Upacara tiba di tempat upacara, barisan disiapkan

3. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara

4. Laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa upacara siap dimulai

5. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya"

6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara

7. Pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, diikuti oleh seluruh peserta upacara

8. Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945

9. Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928

10. Menyanyikan lagu "Satu Nusa Satu Bangsa"

11. Penyerahan penghargaan diiringi lagu "Bagimu Negeri" (bila ada)

12. Amanat Inspektur Upacara (membacakan Naskah Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga atau Sambutan Hari Sumpah Pemuda 2022)

13. Menyanyikan lagu "Bangun Pemudi Pemuda"

14. Pembacaan Doa Hari Sumpah Pemuda 2022

15. Laporan Komandan Upacara

16. Penghormatan umum kepada Inspektur Upacara

17. Inspektur Upacara berkenan 

meninggalkan tempat upacara.

Upacara selesai.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama