Pemeluk Agama Islam Terbesar di Asia Tenggara, Indonesia Ada di Urutan Pertama

Foto Masjid yang ada di Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia 


Bacadoloe.com - Wilayah Asia Tenggara dihuni oleh 11 negara, masyarakatnya beragam baik dari segi budaya, bahasa, dan agama.


Akan tetapi untuk wilayah Asia Tenggara ada beberapa Negara yang mayoritas menganut Agama Islam, ada tiga negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di Asia Tenggara salah satunya Indonesia.


Sejarah masuknya Agama Islam ke wilayah Asia Tenggara ini karena aktivitas perdagangan, perkawinan, dakwah, dan pembauran masyarakat Islam Arab, Persia, dan India dengan masyarakat pribumi pada zaman dahulu. 


Pembahasan dalam buku The Preaching of Islam karya Thomas W Arnold, sejarah penyebaran dan perkembangan Islam berlangsung dengan damai.


Perkiraan Islam masuk ke kawasan Asia Tenggara sejak abad ke-7 Masehi. Sampai abad ke-10 Masehi, hanya ada sedikit bukti mengenai kehadiran Islam di Asia Tenggara karena faktor sudah terlalu lama. 


Akan tetapi, ketika itu dengan munculnya perusahaan dagang dari Belanda dan Inggris di wilayah ini, bukti penyebaran Islamisasi cukup besar.


Wilayah persemakmuran Islam di wilayah ini sangat luas sehingga proses penciptaannya dinamakan sebagai ekspansi Islam kedua yang mengacu pada awal dari Arab ke Afrika Utara dan Bulan Sabit Subur, menurut Encyclopedia. 


Banyak sekali Negara-negara yang menduduki kawasan Asia Tenggara adalah Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam.


Kalian tidak perlu khawatir, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut adalah ulasan tentang negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di Asia Tenggara, di ambil dari berbagai sumber  


1. Indonesia


Foto Masjid Istiqlal Indonesia 

Urutan pertama menurut data Statista ialah Indonesia, pada tahun 2020 silam diperkirakan 87% penduduk Indonesia menganut agama Islam. Sehingga Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di Asia Tenggara sampai saat ini.


Kalau menurut Data Sensus Penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia tahun 2010, pemeluk agama Islam mencapai 87% atau setara 207.276.162 jiwa. 


2. Brunei Darussalam


Foto Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin Brunei Darussalam 

Posis kedua ada Brunei Darussalam merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di Asia Tenggara.


Perkiraan penduduk muslim di negara Petro Dollar diperkirakan mencapai 75% dari total populasi menurut Statista.


Kalau menurut International Religious Freedom Report for 2020, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan, menurut sensus terbaru pada tahun 2011, diperkirakan sebanyak 78,8% penduduk Brunei Darussalam adalah seorang umat Islam.


Sedangkan 8,7% Kristen, dan 7,8% Buddha. Sementara sisanya 4,7 persen terdiri atas agama lain, termasuk kepercayaan asli. 


3. Malaysia


Foto Masjid Kuala Lumpur Malaysia 

Negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di Asia Tenggara yang terakhir adalah Malaysia. Pada tahun 2020 silam, Statista mengatakan bahwa masyarakat yang memeluk agama Islam di Malaysia mencapai 66% dari total populasi. 


Presentase penduduk penganut Agama di Malaysia sangat beragam sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Menurut sensus tahun 2010, 61.32% dari 28.334.135 jiwa penduduknya mengidentifikasikan dirinya sebagai penganut agama Islam, 19.84% sebagai penganut agama Budha, kemudian 9.24% pemeluk agama Kristen, Hindu sebanyak 6.27%, kemudian Agama Konghucu, Taoisme dan agama tradisi China sebesar 1.26%, Tidak Beragama 0.71% dan selebihnya 1.36%.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama