Muslim Wajib Tau! Ini 9 Amalan di Hari Jumat yang Bisa Dilakukan untuk Menambah Pahala

Ilustrasi keutamaan di hari Jumat yang dapat menambah pahala (pixabay)

Bacadoloe.com - Bagi Umat Islam di seluruh dunia, hari Jumat merupakan hari yang spesial karena beberapa keutamaannya. 


Hari Jumat selalu menjadi hari yang spesial bagi umat muslim di seluruh dunia karena selain dianggap hari yang baik, hari tersebut juga menjadi momen ibadah wajib yang dilaksanakan secara rutin bagi umat muslim khususnya yang laki-laki yakni sholat Jumat.


Untuk menambah pahala pada hari yang spesial ini, Bacadoloe.com telah merangkum 9 amalan yang bisa dikerjakan untuk menambah pahala di hari Jumat besok. 


1. Memperbanyak Membaca Shalawat


Membaca shalawat merupakan ibadah yang sangat bagus apalagi di hari Jumat. Apabila dibaca di hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai salah satu amalan di hari tersebut.


Baginda Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi dekat dengan beliau pada hari kiamat kelak untuk orang-orang yang berselawat di hari Jumat.


2. Bersedekah


Mengikhlaskan sebagian harta kita untuk orang lain merupakan suatu perbuatan yang mulia, apalagi bersedekah di hari Jumat, tentu pahalanya akan berlipat-lipat.


 3. Perbanyak Membaca Al Qur’an


Selain kaum adam, kaum hawa juga dapat memaksimalkan keutamaan di hari Jumat, salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an. 


4. Membersihkan Diri


Membersihkan diri khususnya mandi di hari Jumat merupakan perkara yang sunnah apabila dikerjakan kaum adam yang hendak melaksanakan sholat Jumat. Tidak hanya kaum adam membersihkan diri juga dapat dilakukan kaum hawa untuk turut menambah amalan di hari yang penuh berkah ini.


5. Berpakaian Yang Terbaik dan Wewangian


Amalan yang dapat menambah pahala di hari Jumat berikutnya adalah menggunakan pakaian terbaik untuk menyambut hari Jumat, dan jangan lupa menggunakan wewangian saat melaksanakan sholat Jumat di Masjid.


6. Sholat Dzuhur di Awal Waktu


Amalan yang menambah pahala selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menunaikan sholat dzuhur di awal waktu. Amalan ini di khususkan untuk perempuan agar mendapatkan pahala sunnah sebab tidak melaksanakan sholat Jumat seperti laki-laki.


7. Membaca Surah Al-Kahfi


Membaca surah Al-Kahfi akan menjadi amalan hari Jumat berikutnya yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Nabi Muhammad SAW bersabda, Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dua Jumat.


8. Duduk Tanpa Memeluk Lutut


Amalan berikutnya ini dikhususkan pada kaum adam yang mengikuti sholat Jumat. Gerakan memeluk lutut ini termasuk tindakan yang lebih baik tidak dilakukan, mengacu pada sebuah hadis hasan yang diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi dari Sahl bin Mu’Adz bin Anas.


9. Segera Berangkat ke Masjid


Untuk berangkat ke masjid, umat muslim yang laki-laki dianjurkan untuk menyegerakannya. Selain akan mendapatkan shaf terbaik ketika sholat Jumat nanti, seorang juga akan mendapatkan amalan luar biasa dengan mendatangi masjid dalam rangka beribadah. Sebelum sholat Jumat dimulai, ada baiknya juga melaksanakan sholat sunnah yang yang dianjurkan. 


Itulah tadi sederet amalan di hari Jumat yang bisa dilakukan untuk memperoleh berkah dan pahala sebanyak-banyaknya. Masih banyak amalan-amalan lain yang bisa dilakukan yangmana mungkin tidak terangkum dalam artikel ini. 


Semoga kita semua mendapatkan pahala yang berlimpah di hari Jumat, khususnya bagi umat muslim. 


Penulis : Nur

Editor : Yasit

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama