Malang Kembali Berduka, Banjir Bandang Dan Longsor Menghantam 6 Kecamatan Sekaligus

Longsor yang terjadi sebelumnya di Malang Jatim (foto: BPBD)

Bacadoloe.com - Malang kembali berduka. Sejumlah wilayah di Kabupaten Malang daerah selatan diterjang banjir bandang dan longsor, pada hari Senin (17/10/2022). Sampai artikel ini diturunkan, belum ada laporan terkait berapa korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Berdasarkan dari sumber BPBD Jatim, setidaknya ada enam Kecamatan yang terdampak banjir bandang. Diantaranya Kecamatan Donomulyo, Pagak, Sumbermanjing Wetan, Tambakrejo, Tirtoyudo, Bantur serta Ampelgading.

Dari enam kecamatan itu, banjir bandang melanda Kecamatan Tirtoyudo, tepatnya Desa Pujiarjo. Diperkirakan banjir bandang tersebut terjadi akibat hujan deras pada hari minggu pekan kemarin (16/10/2022). 

"Hujan lebat di wilayah Malang khususnya bagian selatan, mulai Minggu hingga saat ini menyebabkan banjir bandang di Desa Pujiarjo, Kecamatan Tirtoyudo," Buka BPBD Jatim, Budi Santosa

Budi Santosa menguraikan bahwa di Kecamatan Donomulyo banjir merendam Desa Sumberoto dan Desa Kedung salam. Sedangkan untuk Kecamatan Pagak melanda Desa Sumbermanjing Kulon.

Selain itu, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, banjir bandang juga menerjang Desa Sitiarjo dan Desa Tambakrejo. Dan untuk Kecamatan Tirtoyudo terjadi Desa Purwodadi.

Kemudian di Kecamatan Bantur dilaporkan banjir bandang melanda Desa Bandungrejo, sedangkan di Kecamatan Ampel Gading menerjang Desa Lebakharjo.

"Tanah Longsor terjadi di Dusun Srimlulyono dan Dusun Sukodono, Kecamatan Dampit," Tuturnya.

Selain banjir bandang yang menimpa Malang, tanah longsor juga dilaporkan menghantam Dusun Srimulyono dan Dusun Sukodono Kecamatan Dampit, Malang Jawa Timur. 

Budi Santosa mengabarkan, sampai saat ini belum ada korban jiwa yang dilaporkan akibat banjir dan longsor tersebut. Sedangkan untuk dampak kerusakan akibat bencana alam tersebut juga masih dalam proses pendataan.

"Korban nihil, dampak kerusakan masih dalam pendataan," kata dia.

Saat ini BPBD Jatim dan BPBD Malang sedang melakukan assessment di lokasi kejadian, serta berkoordinasi dengan pihak terkait. Sehubungan dengan perkembangan lainnya, pihaknya akan segera mengupdate kembali nantinya.

"Perkembangan akan kami sampaikan selanjutnya," Tutupnya. 


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama