Kasus Covid Sub Varian Omicron XBB Bertambah Menjadi 4 Orang Terpapar, Kemenkes Himbau Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Pengumuman penambahan kasus covid-19 varian baru oleh Kemenkes 


Bacadoloe.com - Kasus harian Covid-19 varian Omicron XBB dilaporkan terus bertambah,  hingga kini sudah tercatat sekitar 4 orang terpapar.  Dilansir dari laman resmi Kemenkes, Kamis, (27/10/2022).

Untuk kasus tambahan yang terpapar, Kemenkes menerangkan bahwa gejalanya termasuk ringan seperti batuk, pilek dan demam.

Dalam keterangannya, juga disebutkan bahwa pasien yang terpapar telah sembuh dikarenakan vaksinasi yang ditengarai sebagai pelindungnya. 

Varian XBB memiliki daya tukar yang lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Namun gejala dan tingkat fatalitasnya lebih rendah.

Meski begitu, Kemenkes tetap menghimbau masyarakat agar waspada dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker, hindari kerumunan dan cuci tangan pakai sabun. 

Kemenkes mengumumkan tambahan 3 kasus pasien positif sub varian XBB, sehingga total ada 4 kasus di Indonesia. 

Dalam rinciannya, menurut data dari sumber Kemenkes. Kasus tambahan terdapat di DKI Jakarta sebanyak 2 kasus transmisi lokal dan 1 kasus transmisi luar negeri. Sementara 1 kasus lainnya berasal dari Surabaya dengan transmisi dari luar negeri. 

Sebagai langkah antisipasi, Kemenkes telah melakukan tracing testing terhadap kontak erat, dan hasilnya negatif. Diketahui, pasien telah melakukan vaksinasi bahkan ada juga yang sudah melakukan booster. 

Perlu diketahui, meskipun varian terbaru ini tingkat fatalitasnya lebih tinggi dari Omicron. Namun, Indonesia belum benar-benar dapat dipastikan aman dari pandemi covid-19. Sebab, berbagai mutasi varian baru masih berpotensi terjadi. 

Untuk itu, masyarakat Indonesia diminta untuk tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, memakai masker dan cuci tangan yang rajin menggunakan sabun. Serta melakukan testing apabila mengalami tanda dan gejala Covid-19.


Pewarta: Adit

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama