Jatiombo Bersholawat Bersama Majelis Burdatul Bahrain, KH. Kholil Abdul Malik Sebut Malaikat Ikut Doakan Jama'ah Sholawat

Foto KH. Kholil Abdul Malik saat memberikan tausiyah

Bacadoloe.com - Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diselenggarakan oleh masyarakat Desa Jatiombo. Acara tersebut dilaksanakan dengan menggandeng Majelis Burdatul Bahrain dengan thema "Jatiombo Bersholawat". Kamis (27/10/2022) Malam. 

Pada kegiatan " Jatiombo Bersholawat " ini, masyarakat dan Pemerintah Desa membersamai Majelis Burdatul Bahrain dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, turut bersama seluruh jajaran jam'iyah, termasuk K.H Bustaman, Gus Rofi, Gus Isma'il, serta Gus Malik turut hadir pula pada kegiatan ini. 

Seperti dalam pemberitahuan dalam berbagai media sosial, Majelis Burdatul Bahrain akan kembali melanjutkan Safari Maulid Nabi Muhammad SAW yang ke sekian kalinya, dan dilaksanakan pada hari Minggu malam sekitar pukul 19.00 berlokasi di Desa Jatiombo dengan thema "Jatiombo Bersholawat". 

Seperti biasanya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Majelis Burdatul Bahrain diawali dengan pembacaan Qosidah Burdah. Sesuai dengan nama majelisnya, dzikir dan sholawat Burdah dibacakan bersama seluruh jama'ah yang hadir. 

Terpantau, dari sebelum sholat maghrib, para jama'ah dari desa tetangga maupun dari luar kecamatan atau bahkan luar kabupaten mulai berdatangan ke lokasi acara "Jatiombo Bersholawat" untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Sembari menunggu Khodimul Majelis, group hadrah Majelis Burdatul Bahrain menyambut para jama'ah dengan lantunan sholawat terhitung dari jam 18.50 atau setelah sholat isya'. 

Meskipun acara "Jatiombo Bersholawat" masih akan dimulai pada pukul 19.30, namun warga sekitar dari desa Jatiombo juga mulai berbondong-bondong mendatangi acara yang diselenggarakan oleh Majelis Burdatul Bahrain tersebut. Dalam peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW 1444/2022.

Acara "Jatiombo Bersholawat" bersama warga desa sekitar dan jama'ah tersebut dimulai tepat pada pukul 19.30 WIB. Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, merupakan bagian bentuk syiar Majelis Burdatul Bahrain kepada masyarakat umum, yang pasti diharapkan dengan kegiatan yang sangat baik dan mulia tersebut, mampu menghadirkan rasa cinta kepada Rosulullah. Tentu barokah sholawat dan syafaat dari sang baginda Nabi adalah ganjaran bonus atas keberkahan dari sholawat itu sendiri. 

Dalam prosesnya, Majelis Burdatul Bahrain lebih menekankan pada dzikir dan bersholawat secara khusyu' dan khidmat. Diawali dari pembacaan tahlil, kemudian dilanjutkan dengan lantunan Qosidah Burdah dan dilanjutkan dengan sholawatan, lalu setelah itu tausiyah dan ceramah agama dan kemudian ditutup dengan Sholawat Qiyam dan Do'a. 

Pada kesempatan tersebut, KH. Bustaman memberikan selaku Khodimul Majelis Burdatul Bahrain, beliau mengucapkan terimakasih kepada kepala desa yang sudah turut memberikan dukungan untuk kelancaran acara. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jama'ah yang hadir, baik dari desa Jatiombo, maupun kecamatan wringin dan bahkan dari luar wringin. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalaman membersamai majelis Burdatul Bahrain ke pelosok-pelosok, yang diikuti oleh seluruh jama'ah tanpa kenal lelah.  

Dalam kesempatan yang sama, KH. Kholil Abdul Malik memberikan sedikit tausiyah dalam acara mengaji bersama Burdatul Bahrain. Beliau menukil sebuah hadits yang menyebutkan bahwa malaikat turun mendoakan jama'ah sholawat.

Mengawali dari ceramahnya, KH. Kholil Abdul Malik mengatakan kepada seluruh jama'ah bahwa beliau ingin mengulas sedikit terkait dengan Majelis Sholawat, sambil beliau mengatakan akan memberikan pertanyaan diakhir ceramah yang akan diberikan hadiah bagi yang bisa menjawabnya. Hal tersebut sontak membuat para jama'ah Majelis Burdatul Bahrain semangat dan antusias ingin mendengarkan ceramah dan mengaji.

Beliau menyebutkan salah satu hadits yang di nukil oleh seorang ulama yang bernama Syekh Yusuf An-Nabhani, dalam kitabnya yang berjudul "Afdholus Sholawat 'Alaa Sayyidis Saadat". Beliau menerangkan bahwa ketika seseorang datang dan duduk dalam satu Majelis dan lalu bersholawat kepada Rosulullah, maka malaikat akan turun kepada mereka memberikan doa. 

KH. Kholil Abdul Malik menjelaskan bahwa barang siapa datang dan duduk bukan untuk main-main atau keperluan yang tidak berguna. Tetapi dia datang ke suatu Majelis Sholawat, maka malaikat akan turun sambil berdoa kepada Allah. 

Pewarta: Khoirus

Editor: Ady 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama