Islam Terbesar Di Benua Eropa, Negara manakah itu?

Umat Islam di negara Kosovo Eropa sedang melaksanakan sholat berjemaah

Bacadoloe.com - Benua Eropa merupakan salah satu dari tujuh benua di dunia. Luas Benua Eropa mencakup sekitar 10,18 juta kilometer persegi, menjadikannya benua terkecil kedua setelah Australia.

Pada dasarnya Agama Kristen menjadi Agama terbesar di benua Eropa. Sedangkan Agama Islam menjadi Agama terbesar kedua di benua Eropa.

Akan tetapi, Agama Islam di benua Eropa cukup banyak mendominasi dibandingkan dengan agama-agama lain. Bahkan agama Islam dapat dikatakan menjadi agama terbesar dibeberapa negara yang ada di benua Eropa.

Dilansir dari Pew Research Center, Muslim adalah minoritas di benua Eropa, membentuk sekitar 5% dari populasi jumlah penduduk di benua Eropa.

Benua Eropa dibagi menjadi beberapa wilayah berdasarkan lokasi menurut empat titik mata angin yakni Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan dan Eropa Utara. Kepulauan Inggris sering dianggap sebagai wilayah yang terpisah, tetapi dapat dimasukkan sebagai bagian dari Eropa Barat.

Meskipun Islam memiliki sejarah yang cukup baru di wilayah Eropa Barat, namun di wilayah Eropa Selatan, Islam telah ada sejak abad ke-8 hingga ke-10.

Di Eropa Tenggara misalnya, Islam tiba setelah penaklukan Persia oleh Muslim pada abad ke-7. Kemudian, Kekaisaran Ottoman menyerbu dan menaklukkan petak luas tanah milik Kekaisaran Bulgaria, Serbia dan Bizantium.

Selama abad 14 hingga 15, wilayah Eropa yang diperintah Kekaisaran Ottoman memiliki populasi Muslim yang besar.

Karena itulah banyak negara di benua Eropa dekat dengan perbatasan benua Asia yang memiliki agama mayoritas Islam.

Berikut negara-negara di benua Eropa dengan penduduk Islam terbesar;

Pertama, Kosovo merupakan negara yang berada di wilayah Eropa Tenggara. Kemerdekaan Kosovo pada tanggal 17 Februari 2008.

Dilansir dari state.gov Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperkirakan total populasi Kosovo mencapai 1,9 juta (pertengahan tahun 2021).

Menurut sensus 2011, 95,6% populasi Muslim, 2,2% Katolik dan 2,2%, Protestan, Yahudi dan orang orang yang tidak beragama. Menurut BIK, sebagian besar Muslim berasal dari Mazhab Hanafi Sunni, meskipun beberapa adalah bagian dari komunitas Sufi Tarekat.

Kedua, Albania ini terletak di wilayah Eropa bagian Selatan dan berbatasan dengan Republik Makedonia di sebelah timur dan Serbia (Kosovo) di sebelah timur laut.

Dilansir dari worldatlas.com, Albania termasuk ke dalam negara Eropa dengan mayoritas muslim karena memiliki 80,3% penduduk beragama Islam pada tahun 2016 lalu.

Angka ini meningkat ketimbang tahun 2011 dimana lebih dari setengah yaitu 56,7% dari 2,8 juta penduduk Albania adalah Muslim yang mayoritas Sunni, 10% Katolik dan 33,3% tak beragama.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama