Indikator Penilaian Times Higher Education Higher Education World University Rankings (THE WUR). Berikut Penjelasanya

Indikator penilaian yang digunakan THE WUR dalam rangking Perguruan Tinggi di dunia 

Bacadoloe.com - Indikator penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan data untuk mengukur sejauh mana pencapaian suatu Perguruan Tinggi berkenaan dengan prestasi dan output dari sistem pembelajaran yang dilakukan.

Kegiatan Penilaian memerlukan instrumen untuk mendapatkan data dan tehnik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil lulusan tetapi juga pada Tridarma Perguruan Tinggi yang telah dilakukan oleh Civitas Akademika.

Maka dari itu, dengan adanya indikator penilaian tersebut bisa di kalkulasikan berapa jumlah point yang di dapat oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan.

Times Higher Education Higher Education World University Rankings (THE WUR) mengelompokkan ada 13 indikator penilaian yang digunakan.

Indikator penilaian tersebut dikelompokkan ke dalam lima bidang diataranya sebagai berikut;

1. Bidang teaching (lingkungan belajar) dengan akumulasi nilai sebesar 30%.

Bidang Teaching ini meliputi beberapa bidang diantaranya indikator survei reputasi sebanyak 15%, rasio staf terhadap mahasiswa sebanyak 4,5%, rasio gelar doktor terhadap sarjana sebanyak 2,25%, rasio gelar doktor yang diberikan pada staf akademik sebanyak 6% dan pendapatan institusional sebanyak 2,25%.

2. Bidang research (volume, income dan reputasi) dengan jumlah nilai 30%.

Bidang research memiliki beberapa Indikator penilaian diantaranya di bidang survei reputasi sebanyak 18%, research income sebanyak 6% dan produktivitas riset sebanyak 6%.

3. Bidang citations (pengaruh riset) dengan Indikator citations ini berjumlah 30%.

4. Bidang citations memiliki bobot nilai sebanyak 7,5%.

Bidang citations memiliki juga indikator penilaian sebagai berikut diantaranya international outlook. Bidang international outlook terdiri dari beberapa indikator seperti proporsi mahasiswa internasional sebesar 2,5%, proporsi staf internasional sebesar 2,5% dan kolaborasi internasional sebesar 2,5%.

5 Bidang industry income (transfer pengetahuan).

Bidang industry memiliki indikator industry income dengan bobot nilai sebesar 2,5%.

Total seluruh indikator penilaian Perguruan Tinggi terbaik di dunia versi Times Higher Education Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023 akan menjadi 100%. Tergantung point yang di peroleh dari setiap indikator diatas.


Pewarta : E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama