Hemat Biaya! Teknik Menanam Cabai Tanpa Plastik Mulsa. Berani Coba ?

Yasit, salah seorang petani cabai pemula asal Bondowoso yang menanam cabai tanpa plastik mulsa

Bacadoloe.com - Berbicara tentang cabai tentu menjadi perbincangan tersendiri di kalangan para petani.


Pasalnya harga cabai diketahui sulit ditebak. Kadang mahal sampai tembus ratusan ribu per kg, kadang murah sampai para petani pasrah dan muram.


Disamping harganya yang tak menentu, proses menanamnya pun tidak mudah, karena bibit dan pupuk untuk tanaman cabai mahal. Dan juga butuh keahlian dan ketelatenan jika ingin menjadi petani cabai sukses.


Dalam proses penanamannya, para petani cabai tentu tidak asing dengan yang namanya plastik mulsa. Banyak para petani cabai yang menggunakan plastik mulsa untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya tanaman cabai mereka.


Meskipun plastik mulsa terbilang ampuh memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan cabai, tetapi tidak jarang ada petani yang memilih tidak menggunakannya karena terbilang cukup mahal. 


Plastik mulsa tersendiri jenis dan harganya beragam, ada yang 500 ribu, 700 ribu satu roll dan seterusnya.


Disamping harga plastik mulsa yang terbilang cukup mahal, kegunaan dari plastik ini adalah agar tumbuhan liar tidak mengganggu pertumbuhan cabai tersebut. 


Nah berikut ini adalah teknik menanam cabai tanpa plastik mulsa yang sudah diterapkan petani asal Bondowoso.


"Awalnya saya coba-coba tidak pakai plastik mulsa karena harganya yang mahal sedangkan modal pas-pasan," kata Samadi, salah satu petani cabai asal Bondowoso, Sabtu (29/10/2022).


Ia mengungkapkan bahwa mau memakai plastik mulsa atau tidak, jika petani yang bersangkutan tidak sepenuh hati bertani cabai maka tidak akan sukses.


"Saya tidak memakai plastik mulsa, tapi setiap hari saya selalu cek dan rawat seperti anak saya sendiri, saya bersihkan rumput liarnya, saya pupuk dan sebagainya. Alhamdulillah buah cabai nya juga banyak tidak kalah sama yang memakai plastik mulsa," tuturnya.


"Disini banyak juga petani cabai yang memakai plastik mulsa, tetapi karena kurang perawatan ya tidak maksimal, tumbuhnya jadi kecil," tutupnya.


Sementara itu, salah seorang petani cabai pemula asal Sumbercanting, Wringin, Bondowoso mencoba pemberuntungannya seperti halnya Samadi.


"Saya ingin coba tekniknya pak samadi, semoga dengan tidak memakai plastik mulsa hasilnya juga bisa maksimal," kata Yasit.


Berikut tips menanam cabai tanpa menggunakan plastik mulsa ala pak Samadi; 


. Pilih bibit cabai yang bagus

. Tanam di ladang yang airnya cukup (jika kekurangan air bibit cabai akan kering dan mati)

. Gunakan pupuk yang bagus

. Selalu cek perkembangan cabai tiap hari

. Bersihkan rumput yang tumbuh di sekitar bibit cabai.


Diketahui kegunaan plastik mulsa adalah untuk mencegah rumput liar tumbuh dan menghambat perkembangan cabai, oleh karena itu rajin-rajinlah membersihkan rumput liar di sekitar cabai.


Jika anda telaten dan mencintai tanaman anda seperti anak sendiri, tidak mustahil pertumbuhan cabai akan bagus juga.


Teknik ini tidak diperuntukkan bagi para petani yang banyak biaya dan nakal membersihkan, merawat, dan memeriksa cabai nya. Kalian berani coba ?



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama