Harga Pupuk Tinggi Petani Desa Menjerit, Begini Aspirasi Ketua Gapoktan dalam Forum Musyawarah Desa Kejawan Kabupaten Bondowoso

Musyawarah Desa Kejawan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso tahun 2023

Bacadoloe.com - Akhir-akhir ini istilah pupuk di Kabupaten Bondowoso menjadi persoalan yang sangat rumit. Pasalnya, banyak petani yang mengeluh dikarenakan langka ketersediaan pupuk di kios-kios Desa.

Tak hanya langka, pupuk subsidi di Bondowoso banyak ditemukan dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Kejawan, Saleh Hodin, menyampaikan aspirasinya dalam Forum Musyawarah Desa (Musdes) RKPDes dan e-RDKK Kejawan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Tahun 2023.

"Harga pupuk melambung tinggi bapak, sedangkan harga panen rendah, petani rugi terus," ujar Saleh, Senin (17/10/2022).

Mencari pupuk subsidi, lanjut Saleh, sangat sulit padahal sudah disediakan oleh pemerintah.

"Coba kita cari hari ini pupuk subsidi, sudah kemungkinan besar tidak akan dapat, tapi kalo ada uang dengan harga mahal maka pupuk itu ada," katanya.

Ia juga berharap pemerintah Desa dan PPL Pertanian Desa Kejawan untuk membantu persoalan petani yang kian menjerit. 

Sementara Kepala Desa Kejawan, Sugianto, menyampaikan persoalan pupuk yang langka dan mahal sudah melakukan pengawalan bersama Peguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Bondowoso.

"Mahal dan langkanya pupuk ini tidak hanya menjadi persoalan di Desa Kejawan, Desa yang lain juga sama, saya dan teman-teman Kepala Desa yang lain sudah melakukan pengawalan ke pemerintah Bondowoso," terang Sugianto.

Kemudian, Hendrik selaku Babinkamtibmas Desa Kejawan, menghimbau kepada warga untuk melaporkan jika ada kios yang menjual pupuk di atas ketentuan.

"Saya dampingi sampai selesai jika ada warga yang lapor menemukan kios menjual pupuk di atas HTE," tegasnya.

Ia juga menyampaikan kepada warga bahwa sudah banyak penjual-penjual pupuk yang nakal ditangkap.

Selain itu, diberitakan media Klik Bondowoso, bahwa baru saja Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, SIK melalui Kasat Reskrim Polres Bondowoso AKP. Agus Purnomo menerangkan, Sat Reskrim Polres Bondowoso berhasil mengamankan tiga pelaku penyelewengan pupuk subsidi di Jalan Raya Desa Wonosuko Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso pada hari Sabtu (15/10 2022) sekitar pukul 21.00 WIB.


Pewarta: Ndra

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama