Daftar Universitas Tertua Di Dunia, Nomor 1 Berawal Dari Masjid Yang Didirikan Perempuan

Universitas Al-Azhar, Salah satu Universitas tertua di dunia 

Bacadoloe.com - Lembaga pendidikan di dunia telah ada ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. Meskipun tidak semua Perguruan Tinggi dapat bertahan karena sudah diubah dan dibubarkan, tapi masih ada yang sampai saat ini bisa dilacak sejarah dan tahun berdirinya. 


Tercatat, melalui sejarah singkatnya bahwa Universitas tertua di dunia pertama kali dikembangkan sebagai lembaga keagamaan (madrasah) yang berasal dari dunia Islam abad pertengahan.


Sedangkan, Eropa mendirikan Universitas pertamanya kira-kira dua abad setelah Universitas pertama dikembangkan di Maroko.


Sebelum mengetahui daftar Universitas tertua di dunia, perlu dipahami bahwa pengertian Universitas secara sempit yakni seperti yang dipahami oleh buku dan media Barat. Mereka mengartikan bahwa Universitas terbatas hanya pada institusi pendidikan yang memiliki tradisi yang berasal dari medieval Universities yang berakar pada cathedral schools dan monastic schools.


Atas dasar definisi yang european-centric tersebut, maka Universitas yang tertua di dunia adalah University of Bologna di Italia yang didirikan 1088. Tidak heran jika Quacquarelli Symonds dalam rilisnya tentang Universitas tertua di dunia mereka tidak memasukkan The University of al-Qarawiyyin dalam daftar susun mereka.


Sebab dengan definisi tersebut, maka Universitas menjadi unik tradisi keilmuan Eropa, sekaligus mengabaikan bahwa ada bangsa-bangsa non Eropa yang mengembangkan sistem pendidikan tinggi bahkan jauh sebelum universitas Bologna didirikan. Yang tentu saja dengan kekhasan tradisi, budaya, nilai dan konteks kesejarahan yang berbeda dengan tradisi medieval Universities.


Berikut daftar Universitas tertua di dunia yang dirangkum Badoloe.com dari berbagai sumber.


1. Universitas Al Karaouine


Universitas Quaraouiyine atau Al Karaouine terletak di Maroko. Mengutip dari collegestats.org, Universitas ini awalnya adalah sebuah masjid yang didirikan pada 859 SM oleh seorang perempuan kaya raya bernama Fatima al-Fihri.


Fatima al-Fihri sendiri bukan berasal dari Maroko, melainkan Tunisia. Pada abad ke-9, keluarga Fatima bermigrasi ke Maroko bersama orang Arab lainnya. Sejak kecil Fatima dibesarkan dalam keluarga yang taat terhadap agama dan menghargai pendidikan tanpa memandang gender.


Adapun Universitas Al-Karaouine ini terbuka untuk laki-laki maupun perempuan, dimana sistem pembelajarannya pelajar duduk melingkari seorang pengajar yang disebut dengan Syekh.


Lembaga pendidikan tersebut berkembang menjadi salah satu Universitas terkemuka untuk ilmu alam. Baru pada 1957 Universitas Al-Karaouine menambahkan matematika, fisika, kimia, dan bahasa asing. Universitas tersebut dianggap sebagai universitas pemberi gelar tertua yang terus beroperasi di dunia oleh Guinness Book of World Records.


2. Universitas Al-Azhar


Universitas yang berada di Mesir ini merupakan lembaga pemberi gelar tertua kedua di dunia yang masih bertahan. Didirikan pada 970-972 SM, Universitas Al-Azhar berfungsi sebagai pusat sastra Arab dan pembelajaran Islam.


Universitas Al-Azhar berkonsentrasi pada silabus agama Islam, ia memberikan perhatian khusus pada ilmu-ilmu Al-Quran dan tradisi Nabi Muhammad SAW. disisi lain, sementara juga mengajarkan semua bidang ilmu pengetahuan modern.


3. Universitas Nizamiyya


Perguruan Tinggi selanjutnya yakni Universitas Nizamiyya. Didirikan oleh Khwaja Nizam al-Mulk pada abad ke sebelas di tempat yang sekarang disebut Iran.


Hal yang paling terkenal dari semua sekolah Nizamiyya adalah Al-Nizamiyya Baghdad, didirikan pada tahun 1065 di Dzul Qa'da dan yang tetap beroperasi di Isfahan. Akan tetapi itu hanyalah salah satu dari banyak sekolah Nizamiyah yang lainnya terletak di Nishapur, Amul, Mosul, Herat, Damaskus, dan Basra.


Sekolah-sekolah Nizamiyah berfungsi sebagai model untuk Universitas masa depan di wilayah tersebut. Al-Mulk sering dianggap bertanggung jawab atas era baru kecemerlangan yang menyebabkan sekolahnya melampaui semua lembaga pembelajaran kontemporer lainnya.


4.Universitas Bologna


Universitas yang satu ini adalah lembaga Perguruan Tinggi pertama yang didirikan di dunia Barat pada 1088. Istilah "Universitas" diciptakan pada saat pendirian Bologna. Sesuai namanya Universitas ini terletak di Bologna, Italia. Universitas ini memimpin dunia Barat dalam inovasi pendidikan hingga periode antara Perang Dunia kedua.


Saat itu, para pemimpin menyerukan Universitas untuk menjalin hubungan dengan lembaga-lembaga di negara-negara yang lebih maju untuk memodernisasi dan memperkuat kembali filosofi pendidikannya. Universitas Bologna memenuhi panggilan dan hingga saat ini dianggap sebagai pemimpin dalam sistem Universitas Eropa.


5. Universitas Paris


Belum jelas soal pendirian Universitas Paris ini, namun pengajaran dari Universitas ini ada sejak 1096. Universitas Paris direorganisasi menjadi 13 universitas otonom pada tahun 1970. Sering disebut sebagai Sorbonne setelah College de Sorbonne (didirikan sekitar 1257), lembaga ini tumbuh di bagian akhir abad ke 12 di sekitar Katedral Notre Dame sebagai sebuah perusahaan yang berpusat pada berbagai bidang, diantaranya; seni, kedokteran, hukum dan teologi.


Pada 1968, revolusi budaya di Paris mengakibatkan penutupan Universitas untuk ketiga kalinya dalam sejarah kampus berdiri. Kejadian penutupan pertama adalah pada 1229, dan yang kedua adalah karena invasi oleh tentara Jerman pada tahun 1940.


6.Universitas Oxford


Sama seperti Universitas Paris, tanggal pasti pendirian Universitas Oxford ini belum jelas. Tanggal pendirian resmi yang disebutkan adalah pada tahun 1096. Lembaga pendidikan ini berkembang pesat sejak 1167, ketika Henry II melarang mahasiswa Inggris untuk menghadiri Universitas Paris.


Saat ini, universitas berbahasa Inggris tertua ini memiliki 38 perguruan tinggi, masing-masing dengan struktur dan kegiatan internalnya sendiri.


Itulah tadi daftar Universitas tertua di dunia, tertarik ingin kuliah disana ?



Pewarta : Nur

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama