Daftar 5 Universitas Besar di Luar Negeri yang Diburu Santri Asal Indonesia, Santri Wajib Tau !

Foto Universitas Cairo Mesir


Bacadoloe.com - Universitas adalah suatu lembaga pendidikan tinggi yang memberikan gelar akademik dan menyediakan berbagai jurusan. Selain itu, sebuah universitas terdapat pendidikan sarjana dan pascasarjana.

Lulusan SMA dan sejajarnya biasanya banyak mencari universitas favorit mereka, baik dalam negeri maupun luar negeri. Semisal yang favorit di dalam negeri ada universitas Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, dan sebagainya. Sedangkan universitas favorit luar negeri di antaranya Universitas Oxford, Cambridge University, dan sebagainya.

Dari universitas-universitas favorit di atas secara umum banyak diburu oleh siswa yang baru lulus SMA dan sejajarnya.

Namun berbeda pada kalangan santri mengenai universitas luar negeri yang menjadi favorit mereka. Santri Indonesia banyak yang mempunyai cita-cita untuk kuliah di kampus-kampus besar di daerah timur tengah.

Berikut daftar 5 Universitas Besar di luar negeri yang diburu santri asal Indonesia:

1. Universitas Al-Azhar

Kampus Al-Azhar merupakan Universitas favorit dan banyak diburu oleh santri yang ingin menempuh pendidikan jenjang kuliah.

Tercatat Universitas ini merupakan universita tertua kedua di Mancanegara. Bahkan Universitas Al-Azhar di Mesir juga merupakan salah satu universitas terbaik di Mesir dengan masuk peringkat 11, dan 1.528 di Dunia.

Selain itu, Universitas Al-Azhar menjadi pusat pendidikan bagi santri atau calon mahasiswa yang mengambil jurusan sastra arab dan pengkajian ahlussunah.

2. Universitas Cairo

Secara geografis, Universitas Cairo beara di daerah Gaza, Mesir. Sedangkan secara prestasi,  universitas ini tercatat sebagai kampus peringkat terbaik di Mesir.

Adapun jurusannya mencakup pendidikan Hukum, Kedokteran dan sebagainya. Hal ini membuat santri tertarik dan menjadikan favorit mereka, karena tidak jarang santri ingin mengambil jurusan umum seperti hukum dan kedokteran.

3. Universitas Islam Madinah

Secara geografis Universitas Islam Madinah berada di Negara Arab Saudi. Kampus ini menjadi lembaga pendidikan favorit bagi kalangan santri, terutama asal Indonesia.

Terkenal sebagai pusat pembelajaran ilmu Syar’i bagi mahasiswa dari seluruh penjuru dunia.

Bahkan dikatakan biaya kuliah universitas ini murah dan ada yang gratis. Meskipun demikian, dalam menuntut ilmu disediakan fasilitas yang lengkap.

Mahasiswa Universitas Islam Madinah juga memperoleh kelas tambahan di luar jam kuliah bersama ulama-ulama di Masjid Nabawi.

Sehingga tidak heran para santri berlomba-lomba untuk kuliah di Universitas Islam Madinah.

4. Internasional Islamic University Islamabad

Secara geografis Universitas ini berada di Negara Pakistan dan menjadi universitas peringkat ke-14 di sana. 

Negara Pakistan merupakan salah negara yang menjadi sorotan para pelajar muslim, sehingga menjadi salah satu kampus favorit para santri asal Indonesia.

5. Universitas Al-Qarawiyyin

Secara geografis Universitas Al-Qarawiyyin berada di Negara Maroko. Tercatat universitas ini sebagai kampus tertua di dunia yang dibangun pada 859 M.

Yang terkenal pula Universitas ini mempunyai alumni-alumni hebat, baik dari kalangan Muslim maupun Yahudi, seperti Ibn Khaldun dan Paus Silverter II, dan sebagainya.

Pewarta: Hendra

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama