Berawal Dari PPPI, Berikut 13 Tokoh Penting Lahirnya Sumpah Pemuda

Ilustrasi foto lukisan tokoh penting sumpah pemuda 


Bacadoloe.com - Hari Sumpah Pemuda merupakan hari Besar Nasional Di Indonesia. Momen bersejarah dalam kemerdekaan tersebut diperingati pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Lahirnya sejarah Hari Sumpah Pemuda tidak bisa dilepaskan dari tokoh penting di dalamnya. Beberapa aktor yang mempunyai peran besar dalam sejarah lahirnya hari Besar Nasional tersebut. 

Pada awalnya, Hari Sumpah Pemuda bermula dari penyelenggaraan Kongres Pemuda kedua yang diprakarsai oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Rapat pertama digelar di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng pada Sabtu, 27 Oktober 1928. Kemudian pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928 menjadi tonggak lahirnya hari Besar Nasional tersebut. 

Berikut beberapa tokoh pelopor Sumpah Pemuda seperti dikutip dari laman cashbac.com:

1. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopuspito adalah tokoh pemuda yang aktif dalam Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) yang membuatnya ditunjuk untuk memimpin Kongres Pemuda Indonesia Kedua dan menghasilkan Sumpah Pemuda.

2. Moehammad Yamin Wage Rudolf Soepratman berasal dari Jong Sumatranen Bond atau pemuda dari Sumatera. Beliau merupakan pencetus kongres pemuda dan menjadi sekretaris pada saat Kongres Pemuda Indonesia. Beliaulah yang merumuskan isi teks Sumpah Pemuda serta mengusulkan dijadikannnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

3. Wage Rudolf Soepratman

Nama W.R Soepratman pastinya sudah sangat tidak asing bagi kita semua. Ia merupakan sang pencipta lagu Indonesia Raya. Pada saat Kongres Pemuda, beliau memperkenalkan lagu ciptaannya Indonesia Raya yang diiringi dengan biola. Ia juga merupakan tokoh penting dibalik lahirnya Sumpah Pemuda.

4. Amir Syarifuddin Harahap

Amir Syarifuddin Harahap sorang pemuda dari Batak. Beliau merupakan salah seorang pemuda yang aktif menyumbangkan pemikirannya untuk perumusan sumpah Pemuda. 

5. Sie Kong Liong

Sie Kong Liong, seorang pemuda keturunan Tionghoa, beliau mempunyai peran yang penting dalam kelancaran Kongres Pemuda pada saat itu. Hal itu dikarenakan beliau telah menyediakan rumahnya sebagai tempat dilaksanakannya Kongres Pemuda. Rumah tersebut kini jadikan Museum Sumpah Pemuda, terletak di Jalan Kramat No.106, Jakarta Pusat.

6. Sarmidi Mangoensarkoro

Seorang pejuang di bidang pendidikan, beliau ikut tampil sebagai pembicara pada Kongres Pemuda dan menyampaikan pidato tentang Pendidikan Nasional, yang mengemukakan bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan dan dididik secara demokratis, serta perlunya keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah.

8. Djoko Marsaid

Ia merupakan perwakilan dari Jong Java, Beliau merupakan wakil ketua Kongres Pemuda mendampingi Soegondo Djojopuspito.

9. Johannes Leimena, adalah salah satu anggota Kongres Pemuda yang merupakan perwakilan dari Jong Ambon.

10. Kartosiewirjo atau Sekarmadji Maridjan Kartosiewirjo yang merupakan aktivis yang pernah mengenyam pendidikan di Eropa.

11. Kasman Singodimedjo yang merupakan pemuda yang merintis adanya Pramuka di Indonesia, beliau juga dikenal sebagai orator yang ulung.

12. Mohammad Roem, adalah seorang mahasiswa di bidang hukum yang juga aktif dalam perkumpulan pemuda Indonesia.

13. A.K Gani atau Adnan Kapau Gani adalah Jong Sumatran Bond yang merupakan perwakilan dari Palembang, beliau juga merupakan seorang dokter.

Itulah beberapa tokoh yang mempunyai peran sangat penting dalam sejarah lahirnya Sumpah Pemuda. Bahkan, beberapa diantaranya merupakan pejuang-pejuang tangguh dibalik Kemerdekaan Indonesia. 

Pewarta: Eru

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama