Artis Perankan Toko Tanah Air dalam Film Aktingnya Karismatik, Berikut 5 Artis Indonesia

Foto daftar artis Indonesia yang perankan tokoh pahlawan 


Bacadoloe.com - Banyak sekali cara menarik untuk memahami sejarah dan perjuangan para pahlawan Indonesia di masa penjajahan adalah dengan menonton film yang menceritakan kisah perjuangan. 


Bila lewat film-film biopik tentang para pahlawan nasional, sineas perfilman Indonesia seolah dapat kembali menghidupkan sosok mereka. Itu salah satu bentuk untuk mengenang kisah perjuangan para pahlawan.


Kalau berbicara masalah pemilihan kemiripan fisik para pemain dengan tokoh aslinya menjadi nomor dua. 


Akan tetapi, hal yang utama adalah bagaimana aktor atau aktris tersebut mampu melakoni karakter besar dan terhormat dari seorang tokoh pahlawan bangsa Indonesia.


Berikut dibawah ini, ada sederet aktor dan aktris kondang Tanah Air yang dipercaya untuk memerankan tokoh pahlawan nasional dalam film. Seperti apa peran mereka? Sangat menarik untuk kita lihat


1. Christine Hakim


Foto Christine Hakim

Pertama ada artis kondang dan berpengalaman, Christine Hakim ialah seorang aktris seniornya Indonesia yang telah berkarier di dunia seni peran sejak tahun 1973.


Kemudian pada tahun 1988, Christine Hakim didapuk untuk memerankan tokoh pemimpin gerilya Aceh, Cut Nyak Dhien pada film Tjoet Nja' Dhien karya Eros Djarot.


Film ini menceritakan tentang seorang pahlawan perempuan asal Aceh yang berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh masa lalu.


Christine Hakim menggambarkan perannya itu sebagai suatu kehormatan besar dan sangat menantang. Ditambah lagi, memerankan tokoh Cut Nyak Dhien menurutnya menjadi tapak tilas leluhur, sebab Christine sendiri memiliki darah keturunan Aceh. Dengan seperti itu sangat memahami karakter dari film yang diperankan.


Karena peran tersebut pun lantas berhasil mengantarkan Christine meraih penghargaan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 1989 untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.


2. Ario Bayu


Foto Ario Bayu

Pada tahun (2013) Soekarno merupakan film biopik yang mengisahkan kehidupan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno sejak kecil sampai menjadi sang proklamator bangsa Indonesia dengan lika-liku kehidupan.


Hanung Bramantyo sebagai sutradara Film Soekarno menampilkan Ario Bayu sebagai sosok Bung Karno. Aktor kelahiran 1985 itu mengaku terbebani dengan ekspektasi orang lain saat melakoni tokoh Presiden Soekarno. 


Hal yang menjadi beban selama ini dirinya belum pernah memerankan karakter seseorang yang benar-benar ada di kehidupan nyata.


3. Adipati Dolken


Foto Adipati Dolken dalam film Jenderal Soedirman 

Khususnya kalau untuk Adipati Dolken, memainkan tokoh pahlawan nasional sebagai Jenderal Soedirman dalam film biopik Jenderal Soedirman (2015) tidaklah mudah. Untuk memahami dan memerankan karakter yang dimiliki oleh jenderal.


Akan tetapi, Adipati Dolken mendapat dukungan positif dari keluarga Jenderal Sudirman. Mereka dengan senang hati mau meluangkan waktu untuk memperkenalkan karakter sang Jenderal kepada Adipati Dolken agar bisa dipahami.


4. Reza Rahadian


Foto Reza Rahadian saat berperan sebagai tokoh Nasional 

Ada juga Aris terkenal yang sampai saat ini masih aktif di dunia film ialah aktor watak Reza Rahadian dikenal begitu piawai dalam menjiwai berbagai karakter yang ia mainkan dalam film.


Ada beberapa film yang pernah dimainkan oleh Reza pernah berperan sebagai tokoh nasional Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto dalam judul Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015).


5. Dian Sastrowardoyo


Foto Dian Sastrowardoyo dalam film Kartini

Aktris Dian Sastrowardoyo juga pernah berkesempatan menjadi pemeran utama dalam film Kartini (2017).


Film ini Hanung Bramantyo berperan sebagai sutradara film, Dian Sastro sangat pas memerankan sosok Kartini bukan hanya karena dia cantik, tetapi juga pintar, berbakat, dan peduli terhadap isu-isu perempuan yang ada di kehidupan nyata.


Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama