Anies Baswedan Akhiri Masa Kerja Gubernur DKI Jakarta, Rangkaian Acara Perpisahannya Naik Sepeda

Anies Baswedan bersama undangan setelah peresmian halte bundaran HI Jakarta

Bacadoloe.com - Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan segera berakhir pada hari ini, Minggu 16 Oktober 2022. Artinya, Anies Baswedan harus setelah ini akan kembali pulang ke rumahnya sendiri ketika telah purna tugas di DKI Jakarta. 

Sebelum masa akhir dari masa jabatannya selesai, Anies Baswedan mengaku tidak mengejar dan mengerjakan proyek baru, dirinya lebih berfokus pada peresmian proyek yang sudah kelar. Salah satunya meresmikan Halte Bundaran HI, Sabtu Malam (15/10/2022). 

Sebagai gantinya, Heru Budi Hartono akhirnya resmi ditunjuk oleh Pemerintah sebagai PJ Gubernur DKI Jakarta. Beliau adalah sosok yang jejak karirnya pernah masuk ke lingkungan istana sejak Juli 2017, hal tersebut setelah ia ditunjuk sebagai Kepala Sekretariat Presiden. Setelah lima tahun bertugas, Heru terpilih menjadi satu dari tiga calon PJ Gubernur DKi Jakarta menggantikan Anies Baswedan.

Penetapan Heru ini disepakati melalui rapat tim penilai akhir (TPA) yang dipimpin Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka pada Jumat, 7 Oktober lalu. Dengan demikian, ia akan mulai menjabat Sebagai PJ setelah masa kerja Anies Baswedan yang berakhir hari ini pada Senin, 17 Oktober 2022.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melangsungkan acara perpisahan sang Gubernur. Baik Anies Baswedan maupun wakilnya, Ahmad Riza Patria akan resmi purna tugas di Balai kota, Minggu (16/10/2022). 

Kegiatan purna tugas Gubernur DKI Jakarta tersebut, menurut jadwal akan berlangsung dari jam 08.00 WIB. Acara perpisahan Anies Baswedan tersebut bertajuk "Terimakasih Jakarta". 

Menurut informasi yang beredar, Anies Baswedan akan melakukan naik sepeda terlebih dahulu, sebelum acara perpisahan. Gubernur DKI Jakarta tersebut akan mengontel sepeda di pagi hari mulai pukul 06.00 WIB dari GBK menuju Balai Kota. 

" Rencananya dari Gelora Bung Karno, naik sepeda ke Balai Kota. Waktunya pagi, mungkin sekitar jam 06.00 WIB."Buka Anies Baswedan saat meresmikan Halte Bundaran HI. 

Gubernur DKI Jakarta tersebut juga melanjutkan, bahwa setelah selesai naik sepeda. Anies Baswedan dijadwalkan akan menggelar perpisahan bersama masyarakat sekitar pukul 08.00 WIB. 

"Mulai acara bersama masyarakat mulai jam 08.00 WIB," Lanjut Anies Baswedan. 

Setelah acara perpisahan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya akan pulang ke rumahnya. Hal tersebut karena ia akan mengakhiri masa jabatannya dan menyerahkan pada PJ Gubernur yakni Heru Budi Hartono, dan diketahui bahwa jadwal acara serah terima jabatan akan berlangsung pada hari Senin, (17/10/2022). 

"Setelah selesai acara, pulang. Pulang ke rumah lebak bulus, mungkin naik sepeda, mungkin naik scooter, salah satu tergantung situasi," Terangnya. 

Terkait dengan persiapan acara perpisahan dari Gubernur DKI Jakarta. Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan pengamanan di area Balai Kota. 

"Kegiatan besok Polda sudah mengetahui,kita siap mengamankan. Polda siap lah pengamanan. Beliau (Anies Baswedan) kan terhitung tanggal 16 Oktober tidak akan menjabat lagi." Ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Sabtu (15/10/2022). 


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama