Ambulu Bersholawat Bersama Majelis Burdatul Bahrain, Kiai Bustaman: Orang Yang Keluar Rumah Datang Ke Majelis, Akan Ditemani Malaikat Sampai Pulang Kerumah

KH Bustaman dalam acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Majelis Burdatul Bahrain


Bacadoloe.com - Perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar oleh Pemerintah Desa Ambulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama Majelis Burdatul Bahrain dengan mengusung Grand Thema "Ambulu Bersholawat". Selasa (18/10/2022) Malam. 

Pada kesempatan ini, Kepala desa Ambulu membersamai khodimul Majelis Burdatul Bahrain turut bersama seluruh jajaran jam'iyah, termasuk K.H Bustaman, Gus Rofi, Gus Isma'il, namun sayang karena Gus Malik tidak bisa hadir karena ada halangan. 

Ratusan jama'ah Burdatul Bahrain yang berasal dari desa Ambulu berbondong-bondong mendatangi acara tersebut. Dalam peringatan  Maulid Nabi Muhammad SAW 1444/2022 M di lapangan Penjemuran Padi, Desa Ambulu Kecamatan Wringin, Bondowoso. 

Acara sholawat bersama warga desa Ambulu Kecamatan Wringin tersebut dimulai tepat pada Pukul 19.30 WIB. Pemerintah Desa Ambulu menyebut kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat baik dan mulia. Dengan kegiatan tersebut diharapkan mampu menghadirkan rasa cinta kepada Rosulullah.

"Ini adalah kegiatan yang sangat mulia, karena peringatan maulid merupakan tanda bukti rasa cinta kita kepada Rasulullah", Sambut Kepala Desa Ambulu dalam sambutannya. 

Dalam prosesnya, Majelis Burdatul Bahrain lebih menekankan pada aspek mengajak jama'ah untuk berdzikir dan bersholawat secara khusyu' dan khidmat.

"Semua shalawat baik, tapi majelis shalawat Burdatul Bahrain tampil beda dengan Majelis shalawat yang lain.

Menurutnya, Majelis Burdatul Bahrain menjadi Majelis yang berbeda dari yang lainnya. Namun begitu, Majelis sholawat dari mana pun, bentuk macam sholawatan seperti apapun semuanya baik dan bagus. 

Perlu diketahui, Majelis Butdatul Bahrain adalah Majelis yang melantunkan syair Sholawat Burdah, dari awal dimulai dengan Tahlilan, lalu Sholawat Burdah, kemudian diisi ceramah oleh Kiai Bustaman, lalu Sholawat Nabi Bil Qiyam dan ditutup dengan Do'a. 

Dalam ceramahnya, Kiai Bustaman mengutip salah satu hadits yang diriwayatkan oleh imam Ahmad. Bahwa seseorang ketika keluar rumah, akan ditemani oleh antara malaikat atau setan.

"Barang siapa keluar dari rumahnya, dia ditunggu oleh dua bendera. Satu bendera yang menemani di kanan adalah malaikat, dan yang satunya lagi di kiri ada setan," Buka Kiai Bustaman, Salah satu pengasuh Pondok Pesantren Zainul Bahar. 

"Barang siapa yang keluar dalam hal yang allah sukai (kebaikan), maka dia akan ditemani oleh malaikat terus sampai dia pulang lagi kerumahnya," Tambahnya. 

Kiai Bustaman menerangkan bahwa seseorang yang keluar dari rumahnya, dengan maksud tujuan sesuatu yang Allah ridhoi. Seperti datang ke Majelis Sholawat, pengajian, Majelis ta'lim dan yang lainnya. Maka dia akan ditemani malaikat sepanjang perjalanannya sampai dia pulang ke rumahnya lagi. 

Pewarta: Khoirus

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama