5 Masjid Megah di Jawa Timur, Ada yang Mirip Hotel Bintang Lima dan Sering Dijadikan Tempat Foto Selfie

Foto 5 Masjid mewah di Jawa Timur 


Bacadoloe.com - Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam, Jawa Timur memiliki peran besar dalam perkembangan Agama Islam


Peran Wali Songo menyebarkan ajaran Islam di berbagai penjuru di wilayah setempat, khususnya di Jawa Timur. Termasuk salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama yang lahir di Jawa Timur.


Keberadaan masjid tentu sebuah hal yang penting bagi umat Islam. Salah satu Wali Songo di Surabaya, mendirikan masjid Ampel sebagai sarana dakwah Islam di masa lampau.


Masjid Ampel saat ini sudah berusia ratusan tahun itu tetap berdiri kokoh dan megah hingga hari ini. Bahkan menjadi rujukan wisata religi yang sayang dilewatkan bagi umat Islam.


Berikut sederet masjid berarsitektur megah yang ada di Provinsi Jawa Timur. 


Pertama Masjid Turen Malang

Masjid Turen Malang terkenal dengan masjid pintu seribu,  Masjid Tiban biasa juga dikenal sebagai Masjid Turen atau Masjid Jin. Masjid ini terletak di area pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. 


Nuansa masjid ini kental dengan khas Timur Tengah. Ada menara-menara yang menjulang tinggi serta kubah dengan beragam warna.


Lorong-lorong Masjid Tiban juga sangat unik. Masing-masing menyajikan pemandangan sendiri. Ada Lorong yang diisi dengan akuarium dengan beragam jenis ikan. Ada lorong yang mirip seperti gua dengan stalaktit dan stalakmit di bagian atapnya.


Kedua Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira di Lamongan kerap disamakan dengan kemegahan hotel bintang lima. Masjid ini berada di Jalan Raya Mantup, Kabupaten Lamongan.


Pasangan suami istri Helmy Riza dan Eny Yulia Arifah yang membangun Masjid Namira ini memiliki arsitektur yang modern dan kental dengan nuansa megah dan mewah.


Ketiga Masjid Agung Sumenep

Di pulau Madura ada masjid yang memiliki arsitektur unik lain yakni Masjid Agung Sumenep di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Arsitektur masjid ini memiliki ciri khas yang unik.


Interior dan eksterior masjid sebagian besar dipengaruhi gaya kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura. Masjid yang dibangun pada 1779 hingga 1787 menjadi salah satu Landmark di Madura.


Keempat Masjid Cheng Ho di Surabaya

Surabaya ada salah satu masjid yang bisa menjadi tujuan wisata religi berikutnya adalah Masjid Cheng Ho. Masjid ini merupakan masjid yang bernuansa Muslim Tionghoa. Lokasinya ada di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya.


Masjid Cheng Ho dibangun sebagai bentuk penghormatan pada seorang Laksamana asal Tiongkok yang beragama Islam, Cheng Ho. Pembangunan masjid ini juga sekaligus untuk mengenang dakwah penyebaran agama Islam.


Kelima Masjid Ampel Surabaya

Masjid Ampel merupakan masjid kuno yang terletak di Kelurahan Ampel, masjid ini dibangun salah satu dari wali songo ialah sunan Ampel.


Masjid Ampel ada di Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel pada 1421 sebagai sarana dakwah Islam.


Masjid ini juga diwarnai cerita-cerita mitos. Di samping kiri halaman masjid, terdapat sebuah sumur yang bertuah. Biasanya, air sumur tersebut digunakan untuk mereka yang hendak memperkuat janji atau sumpahnya.

Pewarta: Ady

Editor: Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama