5 Jurusan Kuliah Termahal di RI, Calon Mahasiswa dan Mahasiswi Wajib Tahu

Foto ilustrasi mahasiswi kedokteran 

Bacadoloe.com - Mahasiswa dan Mahasiswi banyak sekali meminati kampus dengan kualitas dan fasilitas yang bagus, selain itu juga jurusan atau fakultas tertentu menjadi pilihan.


Akan tetapi sebelum memilih jurusan ada hal yang perlu diketahui, adalah biaya pendidikan di Indonesia saat ini bervariatif mulai dari yang mudah hingga mahal tersedia.


Hal itu terjadi hampir di seluruh jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sesuai sarana dan prasarana yang memadai.


Kalau untuk perguruan tinggi, ada sejumlah jurusan kuliah yang terkenal dengan biaya cukup mahal karena jurusan tertentu dan sarana prasarana yang lengkap. 


Berikut ini adalah 5 jurusan kuliah yang terkenal paling mahal di Indonesia.


1. Kedokteran

Jurusan kedokteran merupakan salah satu jurusan kuliah yang membutuhkan biaya cukup besar. Pasalnya ketika kuliah di jurusan tersebut para mahasiswa akan melakukan proses pembelajaran dan praktikum yang cukup banyak sehingga membutuhkan biaya yang mahal.


Hal ini masih belum lagi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) jurusan ini mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.


Salah satu contoh, untuk praktikum bedah anatomi saja, mahasiswa kedokteran perlu menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. 


Bahkan ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik. Tidak heran kalau Kedokteran sering dianggap sebagai salah satu jurusan termahal dibandingkan dengan jurusan lain.


2. Penerbangan

Selain kedokteran ada juga biaya kuliah di jurusan penerbangan, tidak cukup menguras ini kantong. Sebab jurusan kuliah Penerbangan (Aviasi) di kampus-kampus aviation membutuhkan biaya berkisar Rp 500-800 juta bahkan masih bisa lebih.


Walaupun cenderung mahal, prospek karier dari jurusan tersebut cenderung menjanjikan. Sebab lulusan kuliah tersebut bisa menjadi seorang pilot profesional yang mendulang gaji hingga puluhan juta per bulan.


3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Apabila dilihat dari biaya kuliah pokok jurusan DKV cenderung tidak terlalu mahal. Namun untuk menunjang kuliah tersebut para mahasiswa harus memiliki sejumlah gadget dengan harga yang mahal.


Seperti itu disebabkan karena proses pembelajaran mahasiswa DKV harus ditunjang perangkat teknologi dengan spek jempolan sehingga mempermudah proses pembuatan tugas kuliah yang harus diselesaikan.


4. Broadcasting

Kalau untuk mahasiswa broadcasting juga membutuhkan alat praktikum yang tidak murah. Para mahasiswa diharuskan untuk memiliki sejumlah gadget untuk menunjang kegiatan broadcasting seperti kamera, tripod, laptop spek jempolan, microphone, dan lainnya yang bisa menunjang dalam menyelesaikan tugas bagi para mahasiswa dan mahasiswi.


5. Seni

Untuk yang terakhir ada jurusan yang cukup menguras isi dompet yakni seni. Bagi para mahasiswa jurusan tersebut akan lebih banyak praktikum bahkan rasionya 70:30. Kegiatan itu lah yang kerap menyebabkan jurusan kuliah tersebut cenderung lebih membutuhkan biaya mahal.


Walaupun cenderung mahal, para calon mahasiswa tidak boleh berkecil hati. Para mahasiswa harus tetap semangat untuk meraih jurusan yang diinginkan. Sebab ada sejumlah jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi biaya kuliah yang cukup mahal, salah satunya dengan memanfaatkan pinjaman pendidikan.


Pewarta: Ady

Editor: Nys 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama