3 Contoh Pidato Sumpah Pemuda 2022 Yang Paling Relevan, Cocok Untuk Keadaan Sekarang

Ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda dari ketua umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf

Bacadoloe.com - Berbagai macam cara aksi dan ekspresi untuk mengungkapkan rasa suka cita menyambut hari Sumpah Pemuda. Momen hari kebangkitan nasional, potret sejarah dibalik perjuangan para pemuda Indonesia untuk negeri. Dari puisi, pantun sampai pidato yang paling relevan dan sesuai dengan kondisi saat ini. 

Contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda 2022 berikut ini bisa jadi paling relevan dengan keadaan sekarang. Mungkin dapat menambah referensi kamu yang akan membuat pidato tentang sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Seperti diketahui, Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober. Bagi kamu yang ingin menyampaikan beberapa pidato di momen tersebut jangan khawatir, sebab ada beberapa contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda yang cocok untuk keadaan sekarang.

Hari Sumpah Pemuda diperingati sebagai bentuk apresiasi dan menghargai jasa para muda-mudi Indonesia dalam menegakan kemerdekaan Indonesia.

Berikut Bacadoloe.com mencoba merangkum dari beberapa sumber, terkait 3 contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda 2022 yang paling relevan.

1. Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda

 _Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

 Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, yang berbahagia.

Pada pagi hari ini mari panjatkan puji syukur kepada tuhan atas kelimpahan berkat yang diberikan kepada kita. Hal itu membuat kita semua di sini dapat berkumpul dan memperingati secara serentak Hari Sumpah Pemuda 2022.

Saudara-saudara yang terkasih, kita tahu bahwa Sumpah Pemuda memberikan arti penting bagi para pemuda-pemudi di Indonesia untuk tetap semangat, bersatu dan pantang menyerah dalam membela kebenaran.

Pada saat ini telah banyak sifat para pemuda-pemudi yang acuh tak acuh serta menerapkan sifat individualisme yang akan menghambat kemajuan bangsa Indonesia menjadi sukses dan makmur. Mari gandeng dan ubah para pemuda pemudi individualisme untuk sama-sama bekerja demi kemajuan bangsa Indonesia yang adil dan makmur.

Demikian pidato saya dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, mudah-mudahan generasi semakin semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas yang positif.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh._ 

2. Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda

 _Assalamualaikum wr. wb

Salam sejahtera bagi kita semua!

Saudaraku sebangsa dan setanah air.

Pada hari ini kita mengucap syukur atas kehadiran Tuhan yang Maha Esa atas berkatnya kami bersama para muda-mudi hari ini berkumpul untuk menyemarakan hari Sumpah Pemuda yang ke-94.

Dengan bertambahnya umur semoga para muda-mudi sekalian selalu diberkahi semangat dan jiwa perjuangan yang kokoh seperti para pemuda pada zaman kemerdekaan Indonesia. Semoga para generasi pemuda satu ini dapat membawa dampak perubahan yang positif terhadap nusa dan bangsa menjadi lebih baik.

Mulai sejak dini tanamkan dalam diri jiwa kemerdekaan dan keberanian untuk tetap menegakan kebenaran.

Sekian pidato dari saya. Sebagai penutup, mari kobarkan semangat pemuda dan pemudi Indonesia untuk kemajuan bangsa

Merdeka !!! Merdekaa !!! Merdeka !!!_ 

3. Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda 2022

 _Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua!

Kepada yang terhormat ...  selaku Kepala Sekolah ...

Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru,

Serta teman–teman yang saya cintai.

Pada kesempatan pagi hari ini kita bersama memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkatnya kita semua di sini dapat berkumpul untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dengan semangat dan sehat walafiat.

Di momen memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini  saya akan menyampaikan kepada kamu semua bahwa "Ayo Kembali ke dalam Semangat Persatuan". Hal ini disemarakan untuk tetap menjiwai dan memprakarsai tonggak persatuan bangsa, yang tertuang pada teks Sumpah Pemuda, yang berbunyi:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah itulah yang pada akhirnya membuat para muda mudi Nusantara bersatu dan berkumpul untuk sama-sama berjuang demi bangsa kini.

Namun, yang terjadi saat ini sungguh ironis. Kini  semangat pemuda sudah mulai luntur seiring berjalannya waktu karena beberapa faktor, diantaranya kesenjangan ekonomi, dan kesejahteraan sosial, politik dan pendidikan.

Saat ini seakan-akan para muda mudi tidak mau tahu, menutup kuping rapat-rapat serta pura-pura tidak melihat kondisi saat ini

Padahal, Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia, pernah berkata, "Beri aku 10 pemuda maka akan ku guncangkan dunia". Beliau menganggap pemuda sebagai "Agent of Change", pelopor perubahan dan kemajuan dalam masyarakat ini. Oleh sebab itu kini mari pemuda mulai berperan aktif sebagai pelopor kemajuan negeri mulai hari ini dan seterusnya.

Demikian pidato saya ucapkan Wassalamualaikum Wr. Wb._ 

Itulah beberapa contoh pidato yang cocok dan paling relevan pada peringatan hari Sumpah Pemuda 2022.


Pewarta : Eru

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama