13 Stadion Sepakbola Terbesar Di Indonesia, Kemegahan Gelora Bung Karno Stadium Mampu Menampung 80.000 Penonton

Jakarta Internasional Stadium (JIS)


Bacadoloe.com - Sepakbola merupakan olahraga paling populer dan paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Maka tidak heran, kalau sejumlah bakat-bakat alami dari negeri ini cukup bagus punya potensi. Namun, selain karna bakat alami dari masyarakat yang mencintai sepakbola. Bahkan, olahraga yang satu ini cukup menarik minta dari kalangan muda sampai tua. 

Tak heran jika banyak sekali klub sepakbola di Indonesia. Bahkan hampir setiap daerah memiliki klub sepak bolanya sendiri-sendiri, begitu pula dengan Stadion sebagai arena pertandingan. 

Berbicara mengenai Stadion sepakbola. Indonesia memiliki banyak Stadion dengan kapasitas penonton yang besar, meskipun tidak semua memiliki standart fasilitas yang cukup memadai. 

Berikut adalah 13 stadion terbesar di Indonesia.

1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) 

Stadion ini penuh syarat dengan sejarah. Hal tersebut karena telah berdiri sejak 1960 dan menjadi stadion terbesar di Indonesia. Lokasinya berada di ibukota Jakarta dan mampu menampung sekitar 77,193 penonton.

Tak hanya itu saja, Stadion Gelora Bung Karno juga menjadi salah satu stadion terbaik di dunia. Tak heran jika stadion ini selalu terpilih menjadi salah satu venue pertandingan penting seperti Final Piala AFF, SEA Games, Pesta Olahraga Asia, dan lain-lain.

2. Jakarta Internasional Stadium (JIS) 

Stadion Jakarta Internasional Stadium berlokasi di Jakarta Utara. Stadion yang baru diresmikan pada 19 April 2022 lalu, tepat menjelang laga final International Youth Championship (IYC) 2021. 

Stadion Internasional Jakarta atau JIS kabarnya mampu menampung 82.000 penonton, meskipun belum ada kepastian Stadion ini akan menjadi rumah bagi tim Persija Jakarta.

3. Stadion Utama Palaran

Stadion Palaran berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion ini juga telah dibangun dan diresmikan pada tahun 2008 silam.  Stadion Utama Palaran yang menjadi kebanggaan rakyat Samarinda, dikabarkan memuat tampung penontonnya mencapai 67.075.

4. Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya

Stadion Gelora Bung Tomo kabarnya memiliki kapasitas sebanyak 45.000 penonton. Stadion kebanggaan rakyat Surabaya tersebut ikut memeriahkan stadion termegah di Indonesia.

Stadion Gelora Bung Tomo lokasinya berada di Surabaya, Jawa Timur. Praktis stadion ini menjadi rumah bagi salah satu tim terbesar di Indonesia, yakni Persebaya Surabaya.

5. Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh

Stadion Harapan Bangsa secara geografis berada di Banda Aceh. Stadion yang juga masuk ke dalam daftar stadion termegah yang dimiliki Indonesia. Stadion ini diresmikan pada 1997 dan mampu menampung penonton hingga 45.000.

6. Stadion Jati Diri Semarang

Stadion Jati Diri berlokasi di Kota Semarang yang terkenal akan lumpianya. Stadion yang kemudian menjadi homebase PSIS Semarang ini juga tak mau kalah. Stadion Jati Diri Semarang Berdiri sejak tahun 1991, Stadion Jati Diri mampu menampung setidaknya 45.000 penonton.

7. Stadion Utama Riau

Dengan daya muat kapasitas sekitar 43.923 penonton, Stadion Utama Riau masuk ke dalam jajaran stadion terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Stadion Utama Riau berlokasi di Pekanbaru dan telah diresmikan sejak 2012 lalu.

8. Stadion Kanjuruhan Malang

Stadion kebanggaan warga Malang ini tentu sangat tidak asing untuk seluruh rakyat Indonesia. Stadion yang beberapa waktu lalu mengalami tragedi tersebut, masuk dalam jajaran Stadion terbesar di Indonesia.

Stadion Kanjuruhan memiliki daya tampung yang cukup besar, yaitu 42.449 penonton. Tak heran jika stadion ini menajdi salah satu yang termegah di Indonesia.

9. Stadion Lukas Enembe Papua

Stadion Lukas Enembe berlokasi di pusat kota Papua, tepatnya di Jayapura. Stadion ini kabarnya mampu menampung sekitar 40.263 penonton. Stadion Lukas Enembe merupakan salah satu kebanggaan rakyat Papua, yang baru diresmikan pada tahun 2020 kemarin.

11. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini memang didesain dengan standar internasional. Satu keunggulannya, yakni rumput yang dipakai di GBLA ini merupakan jenis Zoysia Matrella (Linn) Merr yang notabene adalah rumput kelas satu sesuai standar FIFA.

Adapun jumlah kursi untuk penonton kabarnya dapat memuat sebanyak 40 ribu. Stadion Gelora Bandung Lautan Api persisnya berlokasi di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. 

12. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo memiliki kapasitas penonton sebanyak 25 ribu dengan model bangku single-seat yang digunakan di setiap sisi tribunnya. Stadion ini juga merupakan markas dari klub Persis Solo yang berlaga di kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Stadion Manahan Solo merupakan bagian dari Kompleks GOR Manahan Solo yang luasnya sekitar 170 ribu meter persegi. Stadion ini terletak di antara jalan-jalan utama di kota Solo. 

13. Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali

Stadion Kapten I Wayan Dipta berlokasi di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Stadion ini mengambil nama sosok pahlawan pemberani dari Gianyar. Pahlawan itu bernama Kapten I Wayan Dipta yang berasal dari Banjar Teges Kaja, Gianyar.

Sejak tahun 2015, pengelolaan Stadion ini diambil alih oleh manajemen Bali United. Dengan kapasitas menampung sekitar 25 ribu penonton, Stadion Kapten I Wayan Dipta juga bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Pewarta: Khoirus

Editor: Ady

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama