Ribuan Komponen Cadangan Resmi Dilantik, Prabowo: "Setiap Warga Negara Berhak Dan Wajib Bela Negara"

Foto: Pengecekan siaga peserta komponen cadangan yang akan dilantik


Bacadoloe.com - Mentri Pertahanan Prabowo Subianto resmi melantik ribuan dari berbagai lapisan masyarakat yang tergabung dalam Komponen Cadangan (09/08/2022). Para komponen pertahanan ini telah diberikan bekal pendidikan dan pelatihan (Diklat) selama 3 bulan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Mereka nantinya akan disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan TNI mitra Darat, Laut Dan Udara.


"Pembentukan Komponen Cadangan yang berasal dari unsur warga negara dilaksanakan melalui tahapan pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan." Ujar Prabowo dalam sambutannya.


Dalam perjalanannya, untuk memperkuat ketahanan dan pertahanan keamanan nasional. Komponen cadangan (Komcad) dibentuk dengan maksud bertujuan untuk memperkuat komponen utama pertahanan negara yakni TNI. Komcad sendiri merupakan bagian dari amanah undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Dasional Untuk Pertahanan Negara.


Prabowo mengingatkan kepada seluruh angkatan Komponen Cadangan TNI bahwa mereka adalah bagian dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (SISHANKAMRATA). Mereka diharapkan untuk belajar menekuni senior-seniornya terlebih angkatan 45. "Kalian harus belajar dari senior-senior angkatan 45. TNI dalam arti sempit adalah TNI aktif, tapi TNI dalam arti luas yang sesungguhnya adalah seluruh warga negara Indonesia, seluruh unsur lapisan masyarakat Indonesia." Serunya.


"KOMCAD dibentuk untuk memperkuat TNI sebagai  unsur utama sistem pertahanan negara menghadapi ancaman militer dan hibrida. Dan selanjutnya mereka harus siap sewaktu-waktu kapan saja dibutuhkan." Lanjutnya.


Bapak Mentri Pertahanan tersebut juga menegaskan bahwa setelah mereka kembali ke profesi masing-masing. Mereka tetap harus berada dalam satu komando, mereka harus siap siaga dalam menjaga pertahanan nasional, serta tetap harus siap kapan saja dipanggil dan dibutuhkan oleh negara.


"Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut bela negara. Saya harap anggota komponen cadangan dapat melaksanakan tugas di satuan jajaran TNI. Sehingga mampu memperkuat dan memperbesar komponen utama dalam menghadapi ancaman." Tutupnya.


Komponen cadangan sebagai satuan komando bela negara cadangan yang disiapkan diluar TNI aktif dipercaya dan diyakini dapat menjadi sumber kekuatan dan ketahanan nasional. Mengingat, sistem pertahanan nasional menjadi fokus utama dari Presiden Jokowi yang harus diperbaiki, dan itu sudah dilaksanakan oleh Prabowo sejak menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI.


Sumber: Ig Gerindra

Penulis : (Adit)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama