Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Premier League Terancam Ditunda Sementara


Foto Ratu Elizabeth II ketika masih hidup (Instagram theroyalfamily)

Bacadoloe.com - Inggris berduka ketika kabar kematian Ratu Elizabeth II tersiar. Akibatnya, seluruh kegiatan hajat olahraga di seluruh Britania Raya dilaporkan bakal ditunda dan ditangguhkan demi menghormati Sang Ratu.


Seperti yang sudah diketahui, Pada hari Kamis (8/9/2022) kemarin Pemerintah Inggris mengumumkan bahwa kesehatan Ratu Elizabeth terus menurun. Ratu Elizabeth harus berada dalam pengawasan medis secara intensif selama 24 jam.


Meskipun kondisi kesehatan Ratu tidak dijelaskan secara detail hingga akhirnya Buckingham Palace membawa kabar duka tentang meninggalnya Ratu Elizabeth II  pada usia 96 tahun tersebut. Ratu putri mahkota Inggris tersebut telah memimpin Britania Raya selama 70 tahun.


Ratu Elizabeth duduk di atas takhta pemerintahan Inggris. Dan bahkan ikut memberikan sumbangsih yang besar dalam sejarah sepak bola Inggris, juga merupakan peserta aktif dalam sejumlah acara yang tidak terlupakan.


Satu hal yang sangat di ingat oleh rakyat Inggris fakta bahwa Piala Dunia yang diraih oleh timnas Inggris pada tahun 1966 adalah sumbangsih pemerintahannya. Ratu Elizabeth juga memberikan penghormatan kepada Lionesses di musim panas 2022 setelah kemenangan Euro mereka, Ratu Elizabeth II meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada permainan yang indah.


Dilansir dari Mirror, masa Berkabung nasional tersebut sudah menjadi tradisi di kerajaan Inggris. Ketika masa berkabung, tidak ada event besar yang berlangsung termasuk sepakbola yang akan ditidurkan sementara selama 12 hari.


Saat Pangeran Philip tutup usia pada 2021, para pemain Liga Primer Inggris mengenakan ban lengan hitam dan mengheningkan cipta selama dua menit sebelum pertandingan.


Itu artinya, sejumlah pertandingan liga Inggris yang akan memainkan pekan ketujuh pada Sabtu (10/09) sampai Selasa (13/09) diyakini akan kena imbasnya. Liga Inggris terancam ditunda, meski sampai berita ini di-publish belum ada keterangan resmi dari pihak Premier League. 


Sementara untuk pihak EFL Divisi Championship Inggris sendiri telah mengumumkan bahwa pertandingan antara Burnley versus Norwich City dan Tranmere Rovers kontra Stockport County resmi ditunda sebagai tanda penghormatan.


Kondisi serupa juga terjadi di Skotlandia ketika dua tim Dundee dan Cove Rangers sama-sama memutuskan untuk membatalkan pertandingan mereka.


Akan tetapi secara garis besar bahwa tidak ada sepak bola profesional di Britania Raya yang diharapkan berlangsung pada akhir pekan ini. Sehingga, besar kemungkinan seluruh pecinta sepakbola harus menahan diri dari pertandingan tim kesayangannya pada pekan ini.


Di kutip dari Goal.Indonesia, atas berkabungnya sepakbola Inggris atas kepergian Ratu Elizabeth II mendapat penghormatan dari Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Akan tetapi, untuk gelaran serta jadwal agenda Liga Champions disebut tidak akan ditunda.


"Meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II adalah kerugian besar bagi sepak bola, masyarakat kita, dan dunia. Komunitas sepak bola kami menyesali hilangnya seorang pemimpin global yang terlibat dan mendorong semua orang yang dia temui," demikian pernyataan FIFA.


Sebenarnya tidak ada aturan khusus bahwa olahraga harus dihentikan sementara atau ditunda. Jadi, keputusan tergantung pada masing-masing penyelenggara, termasuk Liga Primer dan FA.


Penulis : Khoirus

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama