PSSI Naturalisasi Dua Pemain Keturunan Belanda, Satu Diantaranya Berasal Dari Jember

Dua Pemain Keturunan Belanda, Ivan Jenner dan Justin Hubner (Instagram)


Bacadoloe.com - Ketua umum PSSI Mochammad Iriawan memastikan bahwa dua pemain keturunan Belanda, Ivar Jenner Dan Justin Hubner bersedia di Naturalisasi ke Indonesia. 


Hal tersebut merupakan proyeksi PSSI untuk Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 pada tahun 2023 mendatang. Jenner saat ini tercatat membela Utrecht U-21 dan Hubner memperkuat Wolverhampton U-21.


Kedua nama tersebut memang bukan hal baru masuk pantauan para netizen dan fans Garuda Nusantara, jauh pada bulan Maret silam kedua nama ini sudah muncul namun masih diabaikan oleh PSSI. Namun pada kali ini, PSSI dipastikan sudah mengirimkan perwakilannya untuk terbang ke negara klub asal dari sang pemain yang salah satunya berasal dari Jember.


"Kami melaporkan rencana yang diminta oleh pelatih. Ada tujuh pemain yang mungkin akan kita pakai, semuanya berasal dari Belanda." Ujar Iriawan dalam keterangan pers selepas Rapat terbatas (Ratas) di Istana Merdeka, Kamis (08/09/2022). 


Seperti diketahui, belum genap sepekan publik pecinta sepakbola tanah air dibuat kecewa dan kaget oleh Mees Hilgers. Sang pemain menghebohkan netizen +62 dan seluruh publik sepakbola nasional dengan bocornya surat pemanggilan dari 2 Pemain yang sempat diincar dan digadang-gadang akan di Naturalisasi, namun sang pemain menolak untuk bergabung skuat Garuda. 


Sebelum Piala AFF U-19 2022, Pelatih Shin Tae Young juga sempat memanggil beberapa pemain keturunan untuk ikut seleksi bersama Pemain Timnas U-19 yang lain. Ketiga pemain yang berasal dari Belanda tersebut yakni Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel tidak jadi bergabung lantaran kurang memuaskan Pelatih asal Korea Selatan tersebut. 


Alhasil, ketiga pemain tersebut dipulangkan kembali ke klubnya masing-masing dan tidak berpartisipasi di ajang Piala AFF U-19. Meskipun kabarnya ketiga Pemain tersebut kembali memikat perhatian dari sang Pelatih.


Namun untuk Ivar Jenner dan Justin Hubner dipastikan oleh PSSI akan menjadi bagian dari skuat Garuda Nusantara. PSSI tidak ingin kecolongan seperti kasus Hilgers serta Kai Boham Dkk. "Dua nama sudah pasti, lima lainnya sedang kita jajaki. Tidak ada masalah karena ini permintaan dari pihak pelatih ya." Ujarnya.


Berikut profil kedua pemain tersebut:


1. Justin Hubner

Justin Hubner berhasil meyakinkan Shin Tae Young sebagai Bek tengah yang garang. Hal tersebut dibuktikan dengan dirinya dipercaya sebagai starting eleven di Wolverhampton Wanderers U-21 meskipun dirinya masih berusia 18 tahun.


Justin Hubner lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 September 2003. Hubner diketahui mempunyai keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Jakarta, sedangkan sang ibu berasal dari Belanda. Hubner mencuri perhatian setelah bergabung dengan akademi FC Den Bosch, kemudian dia direkrut oleh Wolverhampton karena dinilai mempunyai kemampuan yang spesial dalam menjaga jantung pertahanan.


2. Ivar Jenner

Pemain kelahiran Utrecht, 10 Januari 2004 itu berposisi asli sebagai gelandang. Ia cukup tampil gemilang dalam membantu Jong Utrecht dan berhasil mencatatkan 20 penampilan bersama tim usia muda FC Utrecht tersebut, dengan mengemas koleksi 1 gol di musim lalu.


Lantas, siapakah sosok pemuda Belanda keturunan Indonesia yang satu ini? Setelah ditelusuri, ternyata ditemukan bahwa pemain Utrecht tersebut pemain keturunan Indonesia dan berasal dari Jawa timur. Lebih tepatnya Kabupaten Jember. Hal tersebut pernah diungkapkan Ivar Jenner secara terbuka menyatakan kalau neneknya berasal dari Jember.


Dengan kehadiran kedua pemain keturunan ini, diharapkan Indonesia atau Garuda Nusantara berhasil menampilkan permainan terbaik mereka di ajang Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Karena bukan tidak mungkin, perpaduan dengan bakat-bakat lokal yang luar biasa, dan ditambah dengan racikan strategi Shin dapat mengejutkan di Piala Dunia.


(Khoirus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama