Profil KHR Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo Dan Pesan Bagi Umat

KHR Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin Situbondo 


Bacadoloe.com - Beliau, sebatas yang kutahu, Lahir di Situbondo, putra Bungsu Almarhum KHR. As’ad Syamsul Arifin Sang Mediator Nahdlatul ulama.


Nama beliau ” Muhammad Kholil ” Nama tersebut diberikan oleh Kiai As’ad Ayahandanya tafa’ulan kepada gurunya yakni Syeikhona Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Bangkalan.


Kira kira umur 15 tahun beliau di podokkan ke Makkah ke Syeikh Ismail Alyamani Almakki yg masih teman kiai As’ad, atas saran Kiai Sarkaman, Namun sebelum itu sebenarnya Kiai Kholil muda, sudah di minta oleh Syeikh Ismail ke Kiai As’ad ketika sebelum Munas NU di Situbondo.


Sebelum mondok ke Mekkah, Kiai Kholil Muda, Belajar kepada beberapa santri nya kiai As’ad, Belajar Nahwu Sharrofya yang kutahu pada Ustadz Zainal Abidin, dll.


Sedangkan ngaji tasawufnya pada KH. Sufyan Miftahul Arifin terkadang juga ditemani kakaknya Yaitu Almarhum KHR. Ahmad Fawaid As’ad karena beliau Kh Fawaid juga ngaji ke kiai Sufyan.


Beliau masuk Jama’ah Dizikir thoriqoh An Naqsyabandiyah Al ahmadiyyah sekitar umur 11 tahun pada kiai Sufyan Miftah, mungkin ketika itu diantara para Jama’ah yg lain beliau yang termuda.


Namanya anak muda, Lora Kholil Muda masih tidak lepas dari kenakalannya bersama teman – temannya, makanya terus dijaga oleh KH. Zubairi dan KH. Ahmad Sufyan Miftah kala itu.


Diantara guru beliau yang saya tahu, yang banyak mempengaruhi pribadinya beliau adalah, KH. Muhammad bin Imam Pamekasan Madura, KH. Sufyan Miftahul Arifin dalam perjuangannya, dan Syeikh Ismail Alyamani Almakki dan juga Ayahandanya sendiri.


Kira – kira tahun 1992 beliau pulang ke indonesia, dan mendirikan pondok pesantren, yg diberi nama ” Pondok Pesantren Walisongo.” 


Adanya pondok tersebut, jauh sebelumnya kiai As’ad Ayahandanya pernah berdawuh, ketika pulang dari pengajian NU di Situbondo, sampai di selatan komplek pondok yg mana ketika itu masih ” persawahan ” Dawuhnya ” ,Suatu saat nanti saya akan punya pondok disini, padahal ketika itu Lora Kholil masih belum lahir.


Memang betul ” Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya ” Kiai As’ad yg dikenal pawangnya bajingan dan preman, begitu juga dengan kiai Kholil As’ad, banyak juga bajingan, maling, perampok, anak jalanan takluk di tangannya atas kuasa Ilahi dan akhirnya bertaubat ini fakta, semoga taufiq selalu menyertainya.


Beliau yang saya tau juga termasuk kiai nyentrik, Bisa juga dibilang ” Budayawan ” beliau mengagumi sekali ” pencak silat ” makanya beliau termasuk salah satu” Dewan Khos Pagar Nusa Pusat ” Juga pesyair, banyak sekali syair syair yg dikarang oleh beliau, bahkan mungkin sudah ribuan bait dan ratusan lagu, tentang Cinta Baginda Nabi, Waliyullah, Ulama’ bahkan syair – syair kebangsaan.


Ciri khas dari disela sela ceramah beliau yang selalu ku ingat, pasti selalu ada kalimat ” Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad ” Beliau juga pernah berdawuh pada kami ” Apapun tanpa Kanjeng Nabi akan hambar." 


"Jika seseorang dihapus dosa-dosanya, tidak akan sumpek,ruwet, sengsara, tidak kesulitan, tidak ada kegelapan,"pungkas : KHR. Kholil dalam sapaannya.


Sumber : Halaman Facebook Pondok Pesantren Salafiyah Sayfi'iyah Sukorejo Situbondo


Pewarta : Edi Supriyanto

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama