Penyaluran BLT BBM Tersalur Untuk 20 Juta Keluarga, Yang Tidak Cair Begini Cara Memperbaiki Datanya

Penyaluran bansos BLT BBM oleh Pemerintah (Instagram Kemensos)

Bacadoloe.com - Seperti diketahui, bahwa Pemerintah baru saja merilis penyaluran BLT BBM telah mencapai angka sebanyak 20,65 juta keluarga kurang mampu.


Para penerima manfaat sebanyak 20 juta keluarga tersebut langsung dapat menerima bantuan sosial lewat PT. POS sebagai penyalur.


Namun hal tersebut diakui oleh Presiden Jokowi bahwa hanya sekitar 40% yang tersalur. Sisanya sebanyak 60% masih dalam proses perbaikan data dan persiapan penyaluran.


Namun, bagi para penerima manfaat yang bantuan sosialnya belum tersalur. Kemensos melalui instagram resminya memberikan solusi untuk memperbaiki dan memperbarui datanya.


"Kepada 20,65 juta keluarga kurang mampu," Kata Jokowi dalam keterangan Pers Sekretariat Negara Jum'at (16/09/2022).


Total 18.776.287 keluarga yang sudah tersalur sudah menerima manfaat BLT BBM sampai dengan 13 September 2022. dengan total anggaran 5,63 T


bantuan sosial tambahan sebesar 150 ribu/ bulan selama 4 bulan akan dibayarkan dalam 2 tahap.


"Di indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40%, memang masih banyak yang belum, masih 60%," Ujarnya.


Didepan kelompok cipayung plus, Mensos Risma menegaskan Pemerintah akan terus memperbarui data agar BLT BBM tepat salur.


Untuk langkah-langkah memperbarui dan memperbaiki data penerima manfaat dapat melakukan berikut:


1. Perbaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) setiap bulan.

Menteri Sosial membuat Keputusan Menteri (KEPMEN) setiap bulan untuk pembaruan data. Pembaruan data tersebut dilakukan dengan melibatkan Pemerintah Daerah untuk memverifikasi bahwa yang diusulkan layak mendapat bantuan.


2. Situs Cek Bansos Dan Fitur Usul-Sanggah Di Aplikasi Cek Bansos


3. Command Center Kemensos


Hal tersebut dapat diketahui melalui laman resmi Ig Kemensos. Agar masyarakat dapat mengakses langsung dalam memperoleh bantuan sosial dari Kemensos.


Dengan demikian, masyarakat luas bisa mengakses beberapa fitur Kemensos seperti Usul-Sanggah dan Command Center untuk mengajukan diri sendiri sebagai penerima bantuan sosial.


Penulis : Adit

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama