Menelisik salah Satu Pengurus PERGUNU Cabang Bondowoso Yang Dilantik Hari Ini, Berikut Profilnya

Muhammad Nurul Hidayat, pengurus PERGUNU Cabang Bondowoso

Bacadoloe.com - Siapa yang tidak kenal dengan sosok pemuda yang tegas, enerjik, religius, rendah hati dan penuh harapan di Bondowoso ini. Mulai sejak dari kecil jiwa keorganisasiannya sudah tertanam dalam dirinya, maka tidak heran ketika beliau malang melintang diberbagai organisasi yang pernah digelutinya mulai dari organisasi kemahasiswaan sampai kemasyarakatan. Ia kini dilantik menjadi salah satu pengurus PERGUNU cabang Bondowoso, berikut profilnya.


Nama akrabnya dikenal dengan sebutan Mas Nuhi, sedangkan nama lengkapnya Muhammad Nurul Hidayat. Beliau dilahirkan dan dibesarkan di suatu Desa kecil sebelah timur Kota Bondowoso jaraknya sekitar kurang lebih 10 kilo dari pusat kota, tepatnya Desa Kajar Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Beliau dilahirkan pada tanggal 17 Desember 1994, dari segi usia memang masih cukup muda dan masuk masa-masa produktif. Tetapi kalau dari segi pengalaman dan keilmuannya sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.


Pendidikan Dasar beliau ditempuh ditempat kelahirannya, tepatnya di SDN Kajar 02 dan lulus tahun 2007. Setelah itu beliau melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi yaitu SMPN OI Tenggarang yang belokasi di Desa Lojajar dan lulus pada tahun 2010. Rasa keingintahuannya pun mulai menggebu-gebu sehingga beliau melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan atas di tempuh di MAN Bondowoso.


MAN Bondowoso merupakan tempat beliau menemukan jati diri yang sesungguhnya. Dari MAN Bondowoso beliau memulai keseriusannya bagaimana menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Beliau memulai kegiatan tiap harinya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, selain itu, beliau eksis diberbagai organisasi Intra yang ada di MAN Bondowoso mulai dari OSIS, Pramuka dan lain sebagainya.


Lembaga pendidikan yang berhasil yaitu lembaga yang bisa membuat peserta didik merasakan nikmatnya orang mempunyai ilmu pengetahuan. Dan itu berhasil didapatkan oleh Mas Nuhi, sehingga pasca menempuh jenjang pendidikan atas beliau menempuh ke jenjang pendidikan Strata I. Dimana jenjang Strata I di tempuh di Kabupaten Jember tepatnya di IAIN Jember pada tahun 2013. Menjadi mahasiswa beliau mulai mengembangkan potensi yang dimilikinya, baik kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual.


Aktivitas setiap harinya selalu diisi dengan kegiatan yang bermanfaat mulai dari Kuliah yang memang menjadi kewajiban sebagai mahasiswa, selain itu juga aktif di berbagai Organisasi mulai dari Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso (IKMPB), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepakbola. Pernah waktu itu beliau bercita-cita mau masuk TIMNAS U_19, akan tetapi takdir berkata lain cidera Hamstring melanda beliau yang membuat beliau mengubur cita-citanya itu.


Semenjak menjadi mahasiswa beliau terpilih menjadi Presiden Ikatan Keluarga Mahasiswa Pergerakan Bondowoso (IKMPB), dengan ketegasan dan rendah hatinya beliau menjadi Presiden yang sangat disegani oleh kader dan anggotanya. Bukan cuma itu, kaderisasi yang dilakukan selama menjadi presiden IKMPB tetap berjalan sampai saat ini. Meskipun beliau tidak menjabat lagi sebagai presiden IKMPB. Jenjang pendidikannya diselesaikan dengan tepat waktu. Karena beranggapan tidak baik berlama-lama di kampus, lebih baik lulus langsung pulang ke kampung halaman dan menata masa depan.


Kesibukan beliau hari ini sebagai guru di SMPN Tegal Ampel Bondowoso memegang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu, beliau juga aktif di organisasi kemasyarakatan menjadi pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Tenggarang. Disela-sela kesibukannya beliau masih menyempatkan untuk menempuh pendidikan Strata II di UIN KHAS Jember dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam dan saat ini sudah memasuki semester akhir dan insyaallah bulan depan akan melaksanakan seminar hasil. Sebagai prasyarat untuk menjadi Magister.


Dan hari ini beliau dilantik menjadi Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama’ (PERGUNU) Kabupaten Bondowoso. Selamat dan Sukses Buat Muhammad Nurul Hidayat (Mas Nuhi) Semoga berkah dan manfaat bagi masyarakat khususnya Masyarakat Bondowoso dan Masyarakat Indonesia pada umumnya.


Penulis: E Yan

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama