Mahasiswa KKN IAIN Jember Gelar Praktek Inovasi Pakan Ternak Sapi Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Mahasiswa KKN IAIN Jember saat gelar praktek inovasi pakan ternak sapi 


Bacadoloe.com - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertempat di Dusun Gujuran Timur, Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, kabupaten Jember. 


Edi selaku ketua  posko mengajak teman-teman mahasiswa KKN survei langsung ke masyarakat Dusun Gujuran Timur, hasil dari survei tersebut setiap rumah yang dikunjungi pasti di belakang rumahnya ada kandang sapi. Otomatis masyarakat peternak,"tuturnya.


"Jadi kami KKN berinisiatif melakukan praktek inovasi pakan ini, untuk meringankan beban ngarit masyarakat Dusun Gujuran Timur." Cetus: Edi dalam sapaan akrabnya, Minggu (11/09/2022)


Hal ini, menurutnya kenapa kami melontarkan bahwa inovasi pakan ternak sapi ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat. 


Karena nantinya pasti ternak sapinya akan bertambah, pakan stoknya sudah banyak, awalnya hanya dua ternak, bisa jadi adanya inovasi pakan ternak ini akan menjadi sepuluh ternak, kenapa stok pakan melimpah. 


Ia mengatakan dalam praktek pakan ternak sapi ini diikuti sebanyak delapan orang masyarakat Dusun Gujuran Timur. "Karena delapan orang itu adalah kader desa yang akan dibuat contoh oleh masyarakat lainnya." Harapnya


"Karena silase ini sangat bagus sekali untuk para peternak sapi di desa, pasti rumput akan melimpah pada musim hujan saja, tapi ketika musim kemarau kekurangan rumput."pungkasnya


Senada juga disampaikan oleh Purwoto Dinas Peternakan Jember, adanya silase ini bagian solusi mengatasi kekurangan rumput ketika musim kemarau, dan cara membuat silase ini sangatlah mudah, cukup dedak padi, dan tetesan tebu, campur aduk sampai merata setelah diaduk langsung diratakan ke atas rumput gajah. Setelah selesai dimasukkan ke drum, dan ambil maksimal 21 hari. Jadi kita masih ada stok rumput ketika musim kemarau.


"Silase dan fermentasi harus diketahui oleh para peternak, karena silase dan fermentasi itu adalah pengawet pakan ternak. Masyarakat kita kekurangan pakan, jadi strategi yang harus dilakukan oleh para peternak itu mengawetkan pakan ternak." Tutupnya


Pewarta : Edi Supriyanto

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama