Kecanduan Gadget? Simak Dampak Positif dan Negatif Serta Cara Mengatasinya

Ilustrasi kecanduan Gadget atau Smartphone (pixabay)

Bacadoloe.com - Dunia perkembangan teknologi digital terlebih gadget atau smartphone luar biasa menjamur ditengah masyarakat. Tidak hanya bagi kalangan elit bangsawan, para pimpinan dan pegawai sipil. Berbicara penggunaan smartphone dan gadget, tentu memiliki dampak positif dan negatif tersendiri. 


Untuk dampak positifnya, dengan menjamurnya Gadget dan smartphone terjangkau untuk semua lapisan masyarakat diantaranya, dengan melek teknologi masyarakat akan lebih mudah mengakses ilmu pengetahuan, lebih mudah dalam menjangkau informasi dari luar, dan memudahkan interaksi dengan sesama teman maupun dari luar lingkungannya.


Sedangkan untuk dampak negatif dalam kecanduan Gadget, Salah satunya bisa menyebabkan sakit mata, kebiasaan begadang dan pada umumnya orang yang menggunakan smartphone terlalu sering bisa mengalami kecanduan yang nantinya  berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.


Dilansir dari Instagram duniakesehatan.co.id, ada beberapa cara untuk mengatasi kecanduan terhadap gadget, diantaranya ;


-Perbanyak sosialisasi dengan teman.

-Matikan gadget sebelum tidur.

-Hapus aplikasi yang dapat menjadikan kecanduan terhadap smartphone.

-Memperbanyak mengakses pengetahuan tentang bahaya dari dampak keseringan main Gadget.

-Mengakses pentingnya menjaga kesehatan tubuh.


Berikut 5 bahaya yang dapat membuat mata rusak:


1. Begadang Dan Kurang Tidur

Dampak negatif pertama akibat keseringan main Hp, yaitu kecenderungan suka begadang dan pasti kurang tidur dan pastinya akan berdampak pada kesehatan mata.


Jika mata dibiarkan lelah beraktivitas sepanjang hari, dan dipaksa secara terus menerus bukan hanya akan menjadikan mata merah, pedih, dan kering. Namun juga dapat menimbulkan lingkaran hitam di dibawah mata, bahkan bisa menyebabkan pandangan mata menjadi kabur.


2. Mengucek dan menggosok mata terlalu keras. Lebih parah lagi bahaya pada kesehatan mata, dampaknya bisa melemahkan kemampuan kelopak mata dalam berkedip.


3. Kebiasaan merokok

Diakui atau tidak 95% dari rokok tidak memiliki kandungan manfaat untuk kesehatan. Bahkan perokok aktif yang menghabiskan rokok 4 batang tiap hari, dapat menyebabkan resiko terkena katarak pada mata.


4. Sedikit minum air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh juga bahaya untuk kesehatan mata. Karena air mata yang dihasilkan tidak cukup untuk menjaga kelembapan mata, akibat dari kekurangan cairan pada mata bisa saja mata jadi merah, kering dan bengkak pada kelopak mata.


5. Jarang makan buah dan sayur

Banyak mengkonsumsi buah dan sayuran dapat menambah nutrisi, vitamin dan mineral. Khusunya vitamin A, dengan begitu akan menjadikan kesehatan mata lebih baik lagi.


Penulis : Adit

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama