Kabar Duka, 70 Tahun Berkuasa Kini Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia

Ratu Elizabeth II Kerajaan Inggris (Instagram theroyalfamily) 

Bacadoloe.com - Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka, yakni Ratu Elizabeth II yang telah berkuasa selama 70 tahun, saat ini meninggal dunia, Jumat (9/9/2022).


Ratu Elizabeth menghembuskan nafas terakhir pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral, Skotlandia.


Meskipun pada hari selasa, dia sempat memimpin upacara penyerahan kekuasaan kepada Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru Liz Truss di kediaman musim panasnya di Kastil Balmoral, Skotlandia. Kondisi kesehatannya berada dalam pengawasan medis.


Pihak istana Buckingham menyampaikan, kondisi meninggalnya Ratu Elizabeth II dalam keadaan tenang.


"Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral pada petang ini. Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari," dirilis dalam pernyataan Istana Buckingham.


Ratu Elizabeth II merupakan putri dari Pangeran George dan istrinya yang juga bernama Elizabeth. Dia berkuasa selama 70 tahun yang kini tercatat bahwa ia bersemayam di atas tahta kerajaan Inggris paling lama.


Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip. Mereka dikaruniai empat anak ialah Charles, Andrew, Anne, dan Edward.


Pangeran Charles yang merupakan putra sulung dari Ratu Elizabeth II kini menjadi Raja Inggris berikutnya. Diusia yang sudah tidak muda lagi 73 tahun, pangeran Charles direncanakan akan diangkat di St Jame’s Palace London secepat mungkin.


Sementara itu, Pangeran Charles menikah dengan Putri Diana dan  mempunyai anak di antaranya Harry dan William. Setalah itu,  Harry akan menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris berikutnya.


Editor : Nys

Penulis : Hendra

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama