Gempa Berkekuatan 7,7 SR Di Meksiko, Alarm Potensi Tsunami Pantai Pasifik

Gempa berkekuatan 7,7 SR di Meksiko (Instagram Manuel Lopes Obrador)

Bacadoloe.com - Gempa berkekuatan 7,7 SR di ujung pantai barat daya Meksiko di negara bagian Michoacan terjadi pada hari Senin, (19/09/2022. 


Gempa yang terjadi menghantam sebagian besar Pantai Meksiko. Pusat gempa yang sangat besar terjadi di wilayah yang jarang penduduknya di negara bagian Michoacan, sangat dekat dengan garis pantai. Sedangkan di Colima, sekitar 100 km dari pusat gempa, goncangan yang sangat kuat yang mampu menimbulkan kerusakan "sedang". Dilaporkan menurut data USGS.


Di Mexico City, yang jarak tempuh jauhnya sekitar 500 km, goncangan "ringan hingga sedang" dilaporkan, yang mampu menyebabkan kerusakan "sangat ringan", terutama pada struktur yang rentan. Tidak ada korban yang diketahui atau kerusakan yang tercatat di Mexico City, menurut walikota kota itu, Claudia Sheinbaum.


Segera setelah gempa, Pemerintah setempat membunyikan alarm Potensi Tsunami Pasifik mengatakan bahwa gelombang yang mencapai hingga 3 meter dapat menghantam Meksiko. Gelombang tsunami awal kemungkinan telah terjadi di lokasi pantai seperti Manzanillo dan Acapulco, dan juga dapat menyerang hotspot wisata Puerto Vallarta.


Gelombang tsunami kurang dari 0,3 meter juga dapat terjadi di sepanjang pantai Pasifik Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, Panama dan Peru, menurut organisasi tersebut.


Berita itu muncul pada peringatan kelima gempa tahun 2017 yang menewaskan 216 orang di Mexico City.


Pusat gempa berkekuatan 7,1 itu berada 2,8 mil (4,5 kilometer) timur-timur laut San Juan Raboso dan 34,1 mil (55 km) selatan-barat daya kota Puebla, di negara bagian Puebla, USGS melaporkan pada saat itu.


Dikutip dari salah satu berita lokal setempat melaporkan bahwa petugas pemadam kebakaran menutup beberapa bangunan di Mexico City untuk umum karena khawatir akan runtuh.


Satu orang kehilangan nyawanya di sebuah pusat perbelanjaan di Manzanillo di negara bagian Colima barat setelah pagar jatuh.


Koordinator Perlindungan Sipil Meksiko Laura Velazquez juga mengkonfirmasi kematian itu dalam konferensi pers pada Senin sore, (19/09/2022).


Magnitudo gempa awalnya dilaporkan oleh US Geological Survey (USGS) sebagai 7,6. Badan seismologi nasional Meksiko kemudian memperbarui besarnya menjadi 7,7. Menurut USGS, gempa melanda sekitar 37 kilometer tenggara kota Aquila, dengan kedalaman sekitar 15,1 kilometer.


Pewarta : Khoirus

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama