Bingung Lowongan Pekerjaan? Kemnaker Pastikan Konsolidasi Informasi Pasar Kerja

Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi saat sambutan pada Konsolidasi Informasi Pasar Kerja di Bali (Instagram) 

Bacadoloe.com - Separuh dari permasalahan yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah sulit mencari pekerjaan. Pemerintah melalui Kemnaker tegaskan untuk terus komitmen mengkonsolidasikan informasi pasar kerja.


Hal tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat yang tengah menganggur dan bingung mencari informasi lowongan pekerjaan.


Konsolidasi Informasi Pasar Kerja yang dimaksud diharapkan dapat menyediakan data informasi suplai kerja, baik dari sisi kuantitas dan menuju big data dari sisi kualitas data yang terkonsiliasi.


Hal tersebut diungkapkan oleh Sekertaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi ketika memberikan sambutan pada Konsolidasi Informasi Pasar Kerja, di Kabupaten Bali, Kamis (15/09/2022).


Anwar sanusi menegaskan komitmen dari pihak Pemerintah untuk terus mengkonsolidasikan Informasi suplai pasar kerja dalam memenuhi kebutuhan perusahaan atau investor, guna mendapatkan tenaga kerja yang secara kuantitas maupun kualitas memiliki kompetensi.


"Melalui konsolidasi informasi suplai pasar kerja ini diharapkan ketersediaan data semakin memadai dari sisi kuantitas menuju big data maupun dari sisi kualitas data yang terkonsiliasi," Bukanya dalam sambutan di Bali.


Dalam konsolidasi ini, Sekjen Anwar menyebut sangat memiliki arti yang penting bagi pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia.


Hal ini juga dapat menjadi momentum dalam mewujudkan sinergitas dan kolaborasi para pemberi kerja sebagai sumber informasi kebutuhan tenaga kerja yang menjadi modal dalam memperkuat Link And Match untuk memperkuat penyediaan pasar kerja Nasional.


"Seluruh pemangku kepentingan perlu bersiap menghadapi perubahan substansi yang berdampak pada masa depan pekerjaan," Ujarnya.


Sekjen Kemnaker tersebut melanjutkan bahwa perusahaan juga harus melakukan perencaan dan transisi masa depan pekerjaan dengan program pembelajaran yang bersifat jangka panjang, yang dapat bermanfaat untuk masa kini dan mendatang.


"Dari karirhub SIAPkerja, pemberi kerja dapat memperoleh calon pekerja yang memiliki skill dan keahlian sesuai dengan kebutuhan jabatannya," Tutupnya.


Untuk mewujudkan hal tersebut, Anwar Sanusi juga mendorong untuk semua pihak-pihak tertentu agar menjadi suplai pasar kerja. Hal tersebut guna berpartisipasi dalam pengumpulan dan pengelolaan informasi pasar kerja yang secara masif dan kuat terkonsolidasi oleh para pemberi kerja baik perusahaan maupun lembaga industri, untuk dapat aktif memanfaatkan pelayanan Karirhub SIAPkerja.


Pewarta : Khoirus

Editor : Nys

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama